Jumat, 28 Apr 2017 10:41 WIB

Google Translate Bisa Bantu Pembuat Konten Go International

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: google Foto: google
Jakarta - Fungsi Google Translate memang hanya untuk mengartikan bahasa asing. Tapi kemampuannya itu bisa membantu konten kreator go international.

Putri Silalahi, Head of Product Communication Google Indonesia, mengatakan saat ini banyak pembuat konten hanya menggunakan bahasa Indonesia. Padahal bila menggunakan bahasa Inggris, ia bisa menjangkau lebih luas lagi.

Dicontohkannya YouTuber yang membuat video tutorial membuat Air Conditioner menggunakan botol softdrink. Ia menuliskan langkah-langkahnya di bagian deskripsi menggunakan bahasa Indonesia.

"Video ini gokil, penontonnya sudah mencapai 8 juta. Bayangkan jika deskripsinya ditambahin bahasa Inggris, penontonnya bisa lebih banyak lagi," kata Putri.

Di situlah peran Google Translate, fitur ini dapat membantu pembuat konten menerjemahkan tulisan konten dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dengan cara mudah. Ditambah kini Google Translate dibekali teknologi Neural Machine Translation (NMT) membuat hasil penerjemahan lebih relevan.

"Kemampuan Google Translate sekarang bisa memahami kontek secara keseluruhan, tidak kata per kata. Jadi hasil menerjemahkannya lebih relevan. Sehingga dapat membantu pembuat konten go international," kata Putri. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed