FPI dan Habib Rizieq Kena Suspend di Twitter, Disuruh Kominfo?

FPI dan Habib Rizieq Kena Suspend di Twitter, Disuruh Kominfo?

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Senin, 16 Jan 2017 15:07 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Akun milik Front Pembela Islam (FPI) dan Habib Rizieq Shihab kena suspend di Twitter. Masalah ini pun langsung direspons Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menurut Plt Kepala Humas Kominfo Noor Iza, pihak kementerian tidak pernah meminta kepada Twitter untuk memblokir akun @DPP_FPI, akun @syihabrizieq, dan @HumasFPI.

FPI dan Habib Riziek Kena <i>Suspend</i> di Twitter, Disuruh Kominfo?Foto: Screenshot Twitter

"Kominfo enggak ngapa-ngapain. Itu mungkin masyarakat yang lapor sendiri. Kan di Twitter ada fitur self reporting," katanya saat menjelaskan kepada detikINET, Senin (16/1/2017).

FPI dan Habib Riziek Kena <i>Suspend</i> di Twitter, Disuruh Kominfo?Foto: Audrey Santoso

Saat ini, FPI sendiri sedang melakukan unjuk rasa ke Markas Besar Polri untuk menyampaikan permintaan mencopot Kapolda Jawa Barat, karena dianggap melindungi organisasi masyarakat GMBI yang beberapa waktu lalu bentrok dengan mereka.

Saksikan video 20detik di sini:

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan pemblokiran ketiga akun milik FPI tersebut terkait hal ini, Noor Iza pun langsung buru-buru menampik. "Yang pasti, Kominfo tidak pernah mengintervensi. Itu bukan kami," tegas sang juru bicara Kominfo.

Sebenarnya bukan kali ini saja akun media sosial yang dibuat oleh FPI diblokir. Beberapa waktu lalu situs Habibrizieq.com juga sempat diblokir, yang kali itu diakui Noor Iza memang atas permintaan Kominfo. (rou/rou)