BERITA TERBARU
Rabu, 30 Nov 2016 18:03 WIB

Streaming Musik bakal Gusur RBT

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: dok. Jabra Foto: dok. Jabra
Jakarta - Layanan ring back tone (RBT) masih memberikan pemasukan yang cukup tinggi bagi industri musik Indonesia. Tapi di masa depan diperkirakan bakal disalip dengan layanan streaming musik.

Hal tersebut dikatakan General Manager Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) Ventha Lesmana saat media gathering Joox di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dijelaskannya selama 2015, layanan RBT mampu memberikan masukan hingga Rp 194 miliar. Namun jumlah tersebut makin turun di 2016. Hingga pertengahan tahun ini, revenue dari RBT baru mencapai Rp 91 miliar.

Ini berbeda dengan layanan streaming musik di mana trennya terus mengalami peningkatan. Tahun lalu, layanan streaming musik telah menyumbang pemasukan Rp 14 miliar. Jumlah tersebut telah dilampaui tahun ini.

"Baru enam bulan saja pendapatan dari layanan streaming musik sudah Rp 14 miliar. Bila dihitung selama setahun tentu akan lebih dari sebelumnya," kata Ventha.

Melihat kondisi itulah yang membuat Ventha meyakini bahwa jumlah pemasukan yang diraih dari layanan streaming musik kedepannya akan menyalip RBT.

"Orang-orang yang selama ini berlangganan RBT kemungkinan akan beralih ke layanan streaming musik. Karena mereka bisa mendengarkan langsung. Kalau RBT kan yang dengar orang lain," tutup Ventha. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Nokia 2 Dibanderol Super Murah

    Nokia 2 Dibanderol Super Murah

    Selasa, 24 Okt 2017 12:08 WIB
    HMD Global tidak hanya membuat ponsel flagship Nokia. Mereka pun membesut perangkat yang terjangkau kantong, Nokia 2 akan menjadi buktinya.
  • Unik! 3DS XL Bergaya klasik ala SNES

    Unik! 3DS XL Bergaya klasik ala SNES

    Selasa, 24 Okt 2017 08:14 WIB
    Tahun 2017 bisa dibilang tahun nostalgianya Nintendo. Setelah merilis kembali konsol game lawasnya, giliran 3DS XL yang kebagian nuansa klasik ala konsol jadul.