Spotify, Joox & Apple Music: Siapa Penguasa ASEAN?

Spotify, Joox & Apple Music: Siapa Penguasa ASEAN?

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 16 Nov 2016 11:33 WIB
Foto: Daily Mix Spotify
Jakarta - Pasar musik streaming di kawasan Asia Tenggara terus meningkat. Bahkan angka pertumbuhannya cukup signifikan.

Hal tersebut tertuang dalam laporan terbaru lembaga riset McKinsey. Disebutkan kawasan Asia kini menguasai 14% pangsa pasar musik digital dunia.
Angka tersebut diyakini akan terus naik. Sebab penetrasi internet dan smartphone di kawasan ini melejit.

Tahun 2015, McKinsey mencatat penetrasi internet meningkat 7,6% ketimbang 2012. Begitu pula kecepatan internet pun meningkat 37,1%. Sementara penetrasi smartphone meningkat 31,9%.

Khusus di Asia Tenggara, peningkatan industri musik digital 20 kali lipat. Di Indonesia sendiri peningkatannya mencapai 7,5% dengan pemasukan USD 21 juta.

Joox Menguasai Pasar Musik di ASEANFoto: McKinsey


McKinsey turut pula mencatat layanan musik yang mendominasi pasar Asia Tenggara. Meski secara global Spotify dan Apple Music memiliki jumlah pengguna cukup besar, keduanya belum bisa berjaya di ASEAN.

Pemain regional menjadi pilihan utama para penikmat musik digital di kawasan ini. Di Thailand, Hong Kong, Malaysia dan Indonesia, aplikasi Joox menjadi yang paling banyak digunakan.

Joox Menguasai Pasar Musik di ASEANFoto: McKinsey


Bicara tantangan, di tengah terus tumbuhnya pasar, penyedia layanan harus menghadapi sejumlah persoalan. Salah satunya adalah keengganan pengguna untuk membayar langganan.

Tapi sejumlah penyedia layanan berhasil mencari solusi agar tetap dapat pemasukan. Monetisasi yang dilakukan dengan mengandeng sejumlah partner, mulai dari operator hingga pengiklan.

Joox Menguasai Pasar Musik di ASEANFoto: McKinsey


(afr/ash)