Mencari Palestina di Apple Maps & Bing Maps

Mencari Palestina di Apple Maps & Bing Maps

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 11 Agu 2016 15:52 WIB
Foto: Google Map
Jakarta - Google tengah menjadi sorotan karena tidak memunculkan negara Palestina pada peta online Google Maps. Lantas bagaimana dengan layanan peta online lainnya?

Selain Google Maps, ada layanan peta online populer lain milik Apple dan Microsoft. Yakni Apple Maps dan Bing Maps. Kata Palestine pun coba diketik di dua layanan tersebut.

Hasilnya Apple Maps langsung mengarahkan ke koordinat 31,912526: 35.204617. Namun sama seperti Google Maps, peta besutan Apple itu tidak terang-terangan menampilkan negara Palestina.

Apple Maps hanya menampilkan kota-kota di negara yang beribukota di Ramallah itu. Tapi tidak seperti Google Maps, Apple Maps tidak menampilkan label West Bank (Tepi Barat) dan Gaza Strip (Jalur Gaza).

Apple Maps


Sementara negara-negara yang secara geografis bertetangga dengan Palestina semisal Yordania, Lebanon serta Israel — sudah 'diakui' oleh Apple Maps.

Kemudian pencarian Palestina pun berlanjut ke Bing Maps di desktop. Ketika memasukkan kata kunci Palestine, layanan peta online milik Micorosoft itu menampilkan dengan jelas.

Kita bisa melihat batasan negara Palestina, termasuk kawasan Tepi Barat dan Jalur Gaza. Menariknya lagi, Bing Maps turut menampilkan keterangan tambahan soal Palestina lengkap dengan foto objek menarik di negara tersebut.

Tentu para penyedia layanan peta online tersebut punya kebijakan sendiri-sendiri soal dicantumkan atau tidaknya negara Palestina.


Bing Maps
(afr/fyk)