Jumat, 19 Feb 2016 09:35 WIB

Popularitas Semu e-Commerce yang Ditakuti

Ardhi Suryadhi - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Belitung - Pemain e-commerce berbondong-bondong masuk Indonesia. Dana segar yang siap digelontorkan tentu tak sedikit, namun apa yang sebenarnya mereka kejar?

Jika jawabannya cuma trafik, tentu salah besar. Justru hal inilah yang sangat dihindari Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini saat menjalankan bisnis e-commerce Elevenia.

"e-Commerce luar biasa. Meskipun di beberapa negara sudah terjadi market correction, di Indonesia memang agak terlambat. Tapi kalau kita lihat semua pemain besar datang ke Indonesia. Seperti Alibaba, apapun itu. Mereka masuk Indonesia dan memberi investasi luar biasa," ungkap Dian, saat berbicara di acara media gathering XL di Belitung, 17-19 Februari 2016.

XL sendiri selaku induk Elevenia tentu juga harus berhitung cermat dan menyiapkan strategi jitu untuk memenangkan persaingan. Dian menyebut bahwa pihaknya justru sangat berhati-hati saat meracik berbagai strategi untuk Elevenia.

"Kita tak mau pertumbuhannya bubble. Kita dapat membuat trafik, didorong. Tapi yang kita mau gak cuma meningkatkan trafik, namun juga pertumbuhan yang sustainable," lanjut wanita yang baru pada April 2015 menduduki kursi orang nomor satu di XL Axiata itu.

Elevenia sendiri saat ini diklaim terus berkembang dengan memiliki lebih dari 25 ribu sales, jumlah produk sekitar 2 juta, serta visitor sudah lebih dari 25 juta. Meski punya XL, yang menarik di sini adalah pengunjung Elevenia terbesar ternyata bukanlah pengguna layanan XL.

"Jadi kita masih sangat posistif untuk e-commerce ini, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo pun terlihat mendukung, roadmapnya juga sudah jadi," pungkas Dian.

Roadmap e-commerce sendiri memiliki 7 poin strategis: logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan sumber daya manusia cyber security. (ash/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed