Facebook, Apple & Google pun Bercorak Pelangi

Facebook, Apple & Google pun Bercorak Pelangi

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 29 Jun 2015 14:17 WIB
Jakarta -

Keputusan Mahkamah Agung (MA) Amerika Serikat yang melegalkan pernikahan sesama jenis di 50 negara bagian disambut gembira sejumlah raksasa teknologi. Warna pelangi pun bertaburan di situs mereka sebagai dukungan atas keputusan tersebut, termasuk di akun media sosial para petingginya.

Mark Zuckerberg misalnya, ia menambahkan efek pelangi pada foto profilnya di Facebook dan menuliskan status "June is LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender) Pride Month — a moment to celebrate diversity and show our pride in the contributions of lesbian, gay, bisexual and transgender people to communities all over the world".

Bukan rahasia lagi memang jika Zuck dan Facebook mendukung LGBT. Pria berusia 31 tahun ini sempat mengikuti parade LGBT yang berlangsung di San Francisco tahun lalu. Facebook sendiri memasang sign cincin pelangi di sekitar kampusnya.

Dan menyambut disahkannya legalisasi perkawinan sejenis kemarin, Facebook langsung membuat tool khusus yang memudahkan pengguna membuat foto profil berpelangi dengan mudah. Tak heran atas semua dukungan hak LGBT, Facebook pernah diganjar penghargaan GLAAD Media Awards tahun 2012.



Google pun ikut merayakan keputusan legalisasi perkawinan sejenis ini di berbagai produk besutannya. Saat mengetikkan "Gay Marriage" pada Google.com, akan muncul sebuah kejutan di halaman hasil pencariannya.

Sebagai sistem operasi mobile paling favorit di kalangan konsumen LGBT (berdasarkan studi YouGov, 2012), Google membuat video khusus berjudul Android: And Proud di akun Android di YouTube. Dalam video tersebut, tampil avatar artis Tom Daley, Kylie Minogue dan Ian McKellan yang diketahui berstatus penyuka sesama jenis.

Tak sampai di situ, Google memungkinkan pengguna Android membuat Androidify khusus. Nantinya avatar tersebut dapat disematkan dalam laman Android Pride Parade atau membaginya ke akun sosial medianya.



Sementara Twitter membuat hashtag #LoveWins untuk turut merayakan keputusan MA yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Saat penguna ngetweet dengan tambahan hastag tersebut maka Twitter akan menambahkan emoji hati berpelangi. Selama dua hari, hashtag #LoveWins menjadi trending topik dunia.

Aplikasi pemesanan taksi Uber pun tak ketinggalan turut merayakan legalisasi pernikahaan sesama jenis ini. Ketika memesan taksi Uber akan terlihat pelangi di bagian belakang mobil virtualnya. Perusahaan yang berbasis San Francisco ini telah menggunakan ikon tersebut seminggu ini.



Apple juga merayakan keputusan MA Amerika Serikat ini. Apalagi CEO Apple Tim Cook adalah seorang gay. Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini menambahkan bagian LGBT di App Store. Bagian ini mulai tersedia Kamis pekan lalu, berisikan film, tayangan TV dan dokumenter bertema LGBT.

Tim Cook sendiri dalam akun Twitternya menyuarakan kegembiraannya. "Today marks a Victory for equality, perseverance and love," tweet Cook.



Untuk diketahui, Bos Apple ini mengumumkan bahwa dirinya gay pada Oktober 2014 silam. Berbagai pujian dan cacian terlontar kala Cook mengumumkan statusnya tersebut.

Selain nama-nama di atas, ada sejumlah perusahan teknologi lain yang turut melakukan selebrasi atas keputusan Supreme Court ini di antaranya AT&T, Vimeo, Tumblr dan lain-lain.

(ash/ash)