Cerita Bos Facebook Bercucuran Keringat di Tanah Abang

Kaleidoskop IT

Cerita Bos Facebook Bercucuran Keringat di Tanah Abang

Rachmatunisa - detikInet
Senin, 29 Des 2014 08:01 WIB
Presiden Jokowi dan Zuckerberg saat blusukan di Tanah Abang (Detikfoto)
Jakarta -

Kedatangan Mark Zuckerberg ke Indonesia Oktober silam membuat publik geregetan. Bos Facebook ini sangat rapi menyiapkan 'kejutan' perjalanannya, sehingga banyak yang tak tahu detail ke mana saja Zuckerberg pergi.

Publik baru tahu Zuckerberg berada di Indonesia ketika miliuner muda tersebut mengupload foto tengah menyaksikan matahari terbit di Candi Borobudur melalui akun Facebooknya.

Tak ayal, kunjungan Zuckerberg memunculkan kehebohan. Tidak hanya di Tanah Air, media massa dari berbagai negara pun turut memberitakan kunjungan pertama pria yang akrab disapa Zuck ke Indonesia ini.

Yang lebih menghebohkan adalah ketika Zuck mengunjungi pasar Tanah Abang. Tak sendirian, dia diajak blusukan oleh Presiden Joko Widodo. Keduanya berkeliling blok A pasar Tanah Abang yang penuh sesak oleh pengunjung itu selama hampir 25 menit.

Dengan kondisi cuaca Indonesia yang berbeda dengan negara asalnya, plus pakaian formal jas yang dipakainya, tentu saja membuat si bule ini langsung bercucuran keringat. Kendati begitu, Zuck tetap ramah dengan senyum tersungging dari wajahnya.

Terkesan dengan kunjungannya, Zuck pun memamerkan foto saat blusukan di akun Facebook pribadinya. Dalam foto terlihat Zuck dan Presiden Jokowi dikerumuni awak media, pedagang pasar Tanah Abang dan masyarakat sekitar.

Kehadirannya ke Indonesia dalam waktu singkat memiliki sejumlah agenda. Sebelum bertemu Presiden Jokowi di Jakarta, Zuck sempat bersantai di Jogja dan menyempatkan diri ke kampung cyber di kampung Tamansari.

Di sana dia menemui penggagas Kampung Cyber, Antonius Sasongko. Zuck datang dengan dikawal beberapa orang pengawal yang ketat dan asistennya. Tak ada yang tahu, karena Sasongko sendiri diminta tidak memberitahukan kepada siapapun termasuk media.

Di Jakarta, selain bertemu Presiden Jokowi, Zuck juga menyempatkan diri menyapa para developer, blogger dan sejumlah operator. Indonesia dengan lebih dari 70 juta pengguna Facebook dikatakan Zuck punya peranan penting bagi raksasa jejaring sosial ini.

"Indonesia negara penting bagi Facebook, salah satu negara terbesar dunia. Namun masih banyak permasalahan. Masih banyak batasan infrastruktur, network, keterbatasan ekonomi, masalah sosial," ujarnya kala itu.

Suami dari Pricilla Chan ini mengatakan, untuk mengatasinya, diperlukan kerja sama semua pihak mulai dari developer sebagai pengembang aplikasi, operator seluler sebagai penyedia layanan, dan vendor jaringan sebagai penyedia infrastruktur.



(rns/tyo)