Rabu, 21 Mei 2014 08:30 WIB

Teng! Jokowi vs Prabowo di Google Fight, Siapa Pemenangnya?

- detikInet
Jakarta - Pemilihan Presiden Indonesia 2014 hampir pasti memunculkan dua kandidat yakni, Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Sebelum mereka bertarung secara resmi, mari kita adu keduanya di atas ring Google Fight.

Situs Google Fight, menurut Wikipedia, adalah sebuah website yang memungkinkan penggunanya untuk membandingkan jumlah hasil pencarian yang dikembalikan oleh Google.

Caranya pun cukup mudah, di dalam situs tersebut terdapat dua kolom yang dapat diisi nama yang ingin diadu. Setelah itu, Google Fight akan mengakumulasinya dalam bentuk animasi Flash dan Javascript sederhana untuk menentukan pemenangnya.

Nah, detikINET, Rabu (21/5/2014) pun memasukkan dua nama calon presiden dari PDI Perjuangan dan Gerindra itu. Hasilnya, Joko Widodo tampil sebagai pemenangnya dengan 490 ribu result dibandingkan Prabowo yang hanya 222 ribu result.



Lalu bagaimana dengan pasangan Calon Wakil Presidennya? Hasilnya jauh lebih mutlak dimenangi oleh Jusuf Kalla dengan angka 1.090.000 result dibandingkan Hatta Rajasa 447 ribu result.

Dengan hasil tersebut, artinya pasangan Jokowi-JK lebih banyak dibicarakan melalui media dari di internet dibandingkan dengan Prabowo-Hatta. Pencarian tidak terpaku pada jejaring sosial, bisa saja melalui media online dan postingan blog.

Namun, hasil pertarungan dari Google Fight ini perlu digarisbawahi bukanlah sebagai cerminan apa yang terjadi sesungguhnya di dunia maya atau merupakan hasil respresentatif lainnya.

Google Fight sendiri tidak mempunyai afliasi langsung dengan mesin pencari Google. (tyo/tyo)


Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed