Sabtu, 03 Des 2011 13:58 WIB

On|Off Diserbu Komunitas Online-Offline

- detikInet
Jakarta - On|Off, pesta para blogger dengan konsep baru digelar hari ini. Mengusung tema 'Ideas Meet Opportunities', perhelatan digelar di Epicentrum Walk, Rasuna, Jakarta.

Secara keseluruhan, format acara tidak jauh berbeda dengan perhelatan tahun sebelumnya. Dimulai tepat pukul 10.00 WIB, acara dibuka dengan diperdengarkannya lagu Indonesia Raya.

Chairwoman On|Off Aulia Halimatussadiah lantas melanjutkan acara seremonial dengan memberikan kata sambutan.

Seperti yang sudah digaungkan panitia On|Off sebelumnya, selain mempertemukan sesama komunitas online, disebutkan Ollie, demikian dia akrab disapa, konsep baru acara temu blogger ini juga mempertemukan komunitas online dan offline.

"Ada banyak contoh kegiatan online yang kemudian mewujud dengan kuat di dunia offline. Dan banyak juga contoh kegiatan offline yang kemudian di Indonesia yang sudah berkontribusi besar di lingkungannya masing-masing namun kurang terdengar gaungnya di ranah online," kata Ollie kepada hadirin.

Disebutkannya, dunia online Tanah Air sangat dinamis dan jumlah penggunanya adalah salah satu yang paling besar di seluruh dunia. " Bayangkan jika kedua kekuatan ini bisa bersinergi, betapa besar dampak positifnya untuk Indonesia," jelasnya.

Di acara ini hadir pula Anis Baswedan. Berbicara mengenai ide dan kreatifitas, dia menyebutkan bahwa ide yang baru dan baik dirasakannya sebagai kombinasi dari tiga hal yakni semangat, knowledge dan kreativitas.

"Jadi, semangat, knowledge, dan kreativitas, itu powerful. Kalau kita dulu seringnya mengandalkan knowledge tanpa kreativitas. Tapi sekarang yang Anda lihat di sini, it's sign of that," kata Anis di sela acara.

Seperti tahun sebelumnya, perhelatan yang akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB ini menghadirkan kelas breakout session yang berjalan bersamaan.

Beberapa kelas yang bisa diikuti peserta ON|OFF antara lain kelas bertema penulis-penerbit, fotografi, startup-investor,kecantikan-media, womenpreneurship dan masih banyak lagi.

Namun cukup banyak peserta yang mengeluhkan, kurang banyaknya pilihan diskusi. Memang, jika dibandingkan dengan Pesta Blogger tahun lalu, kelas diksusi yang dihadirkan ON|OFF lebih sedikit, hanya 20 kelas.

"Tahun ini (kelas diskusi) gak sebanyak dulu ya. Kalau dulu banyak pilihan. Semoga tahun depan banyak lagi," harap Nina blogger asal Bogor yang mengaku tidak pernah absen mengikuti ajang Pesta Blogger setiap tahunnya. Meski demikian, Nina mengaku mendapat manfaat dari beberapa kelas diskusi yang diikutinya.

Acara juga dimeriahkan beragam hiburan dari penyanyi seperti Saykoji, Endah n Rhesa, serta penampilan Stand Up comedy.


(rns/ash)