Baidu Makin Getol 'Gerogoti' Google

Baidu Makin Getol 'Gerogoti' Google

- detikInet
Selasa, 06 Sep 2011 07:23 WIB
Jakarta - Mesin pencari raksasa besutan China, Baidu kini makin tegas menantang Google dengan meluncurkan platform software anyarnya.

Baidu Yi, adalah nama software baru yang dirilis oleh Baidu Inc. Ia dibuat salah satunya untuk meluaskan layanan mobilenya dan menggaet lebih banyak pengguna mobile.

Dengan Baidu Yi, pengguna bisa mengakses layanan Baidu langsung dari ponselnya. Software yang sudah terinstal dalam ponsel ini juga ternyata kompatibel dengan Android, sistem operasi bikinan Google.

Menurut Vice President Baidu, Jing Wang, software ini ke depannya juga akan kompatibel dengan sistem operasi lain meski ia sendiri menolak berkomentar apakah pihaknya akan merilis sistem operasi sendiri.

Wang juga enggan mengeluarkan komentar mengenai nama-nama pembuat handset yang setuju untuk menginstal software tersebut di ponsel mereka. Yang pasti, Baidu Yi akan menjadi penghasil pundi-pundi emas bagi perusahaan.

Baidu sendiri telah berhasil menggerogoti share Google semenjak Google memindahkan Google China-nya ke Hongkong di 2010 terkait isu penyensoran dan pembajakan di China, demikian dikutip detikINET dari WSJ, Selasa (6/9/2011).

Selain meluncurkan platform software baru, Baidu juga baru saja meluncurkan desain homepage barunya yang memiliki penambahan fitur seperti area untuk mendownload aplikasi.

(sdj/wsh)