Tiru Twitter, Google+ Rilis Fitur Suggested User

Tiru Twitter, Google+ Rilis Fitur Suggested User

- detikInet
Senin, 05 Sep 2011 16:14 WIB
Jakarta - Seperti fitur 'Who to Follow' di Twitter, Google pun kini menampilkan daftar suggested user pertamanya pada halaman Get Started.

Uniknya, di Google+ daftar orang-orang yang menjadi suggested user dibagi-bagi dalam berbagai kategori. Beragam kategori tersebut di antaranya entertainment, news, music, photography, politics, sports dan technology.

Dikutip detikINET dari Digital Trends, Senin (5/9/2011), Google juga menyeleksi suggested user 'terpopuler' dari setiap kategori tersebut. Alhasil, pengguna bisa menambahkan selebriti misalnya atau figur populer lainnya secara langsung dari halaman tersebut dan memasukkannya ke dalam Circle atau lingkaran pertemanan mereka.

Namun belum diketahui apakah penggguna bisa membuat daftar sendiri, di luar orang-orang yang dikelompokkan dalam Circle. Sementara Twitter seperti diketahui telah menambahkan kemampuan ini sehingga pengguna bisa membuat custom lists di 2010. Sayangnya, fitur ini tidak digunakan secara luas oleh para pengguna Twitter sendiri.

Yang menjadi catatan, daftar suggested user ini cara kerjanya sangat mirip dengan rekomendasi 'Who to Follow' Twitter. Dan kebanyakan orang yang termasuk dalam daftar itu dipilih Google hanya berdasarkan tingkat 'ketenaran' mereka ketimbang kualitas atau frekuensi postingan yang dibuat--bahkan beberapa diantaranya ada yang belum memposting apapun di Google+.

Sebagai contoh, dua orang dalam kategori sport, Jillian Michaels dan Erin Andrews, keduanya sama-sama belum memposting apapun di akun Google+ mereka sejak Juli. Namun mengejutkan, keduanya muncul dalam suggested user dalam kategori sport tersebut.


(rns/ash)