Facebook Tuntut Situs Kencan Dewasa

Facebook Tuntut Situs Kencan Dewasa

- detikInet
Senin, 08 Agu 2011 09:10 WIB
Jakarta - Kemiripan nama kembali menjadi isu trademark atau merek dagang yang dipermasalahkan Facebook. Raksasa jejaring sosial tersebut kini menuntut situs kencan Shagbook.

Pengajuan tuntutan sudah dilakukan Facebook sejak Mei. Facebook berpendapat nama Shagbook bisa menimbulkan kerancuan dan bisa saja membuat pengguna salah paham bahwa situs tersebut merupakan bagian dari Facebook.

Shagbook sendiri, seperti dilansir Mashable dan dikutip detikINET, Senin (8/8/2011) kini memperkuat posisinya atas tudingan tersebut ke United States Patent and Trademark Office.

Dalam berkas pengajuannya, Shagbook dengan tegas menyebutkan bahwa nama Facebook sangat khas dan kata book sendiri merupakan istilah umum. "Ini justru menantang validitas trademark Facebook," demikian dikatakan Shagbook.

Shagbook, dikatakan Facebook tak hanya melanggar trademark Facebook karena kemiripan namanya tetapi juga dalam hal impresi secara komersial.

Ini bukanlah pertamakalinya Facebook berupaya melindungi merek dagangnya. Beberapa situs berbentuk jejaring sosial yang menggunakan kata face atau book menjadi sasaran tuntutan Facebook.

Tahun lalu, sebuah situs jejaring yang diperuntukkan bagi para guru bernama Teachbook menjadi salah satu korban Facebook. Padahal sejatinya, domain situs yang berdomisili di Northbrook, Chicago, Amerika Serikat, ini fungsinya jauh berbeda dengan Facebook. Teachbook, merupakan situs komunitas gratis bagi guru yang menyediakan berbagai perangkat pengajaran.



(rns/wsh)