Wah, Aplikasi Ponsel Carikan Kondom Gratis

Wah, Aplikasi Ponsel Carikan Kondom Gratis

- detikInet
Kamis, 17 Feb 2011 11:21 WIB
Jakarta - Sebuah ide yang menuai kontroversi di sebagian kalangan, diwujudkan di New York. Kota dengan populasi terpadat di Amerika Serikat ini meluncurkan aplikasi smartphone yang membantu penggunanya menemukan kondom gratis. Wah!

Diluncurkannya aplikasi bernama NYC Condom Finder ini merupakan bagian dari National Condom Awareness Day yang diperingati di sana setiap tahunnya. Peringatan ini mengajak warga agar tak lupa memakai kondom saat melakukan hubungan seks.

Dilansir CBS News dan dikutip detikINET, Kamis (17/2/2011), NYC Condom Finder merupakan aplikasi sederhana yang berjalan pada smartphone berbasis iOS dan Android. 

Aplikasi ini terhubung dengan fitur GPS (Global Positioning System) pada ponsel untuk menemukan lokasi pembagian kondom gratis terdekat dengan keberadaan si pengguna. Saat ini, terdapat hampir 1.000 lokasi pembagian kondom gratis di New York.

Tak hanya itu, NYC Condom Finder juga menyertakan berbagai saran penyimpanan dan penggunaan kondom serta daftar lengkap lokasi di mana pengguna bisa mendapatkan kondom gratis di seluruh kota New York.

Program pembagian kondom gratis di New York sudah dimulai sejak 2007. Para aktivis program tersebut membagikan jutaan kondom di seluruh New York dan mengkampanyekannya dengan berbagai cara, mulai dari selebaran hingga halaman Facebook.

Kampanye ini mendapat protes keras dari sebagian kalangan karena dinilai potensial mempromosikan seks di kalangan remaja dan anak-anak. Namun para penggiat kampanye menampik tudingan tersebut.

"Kegiatan ini ditujukan guna mencegah penyakit yang menular dari hubungan seksual," ujar salah satu aktivis.

Dikatakan aktivis tersebut, New York ingin menjadi kota teraman di dunia untuk melakukan hubungan seks. Menurutnya, penggunaan kondom yang tepat sangat efektif mencegah Sexual Transmitted Disease (STD) dan kehamilan yang tidak diinginkan. (rns/fyk)