Jumat, 29 Okt 2010 12:23 WIB

Pendiri Baidu Jadi Orang Terkaya di China

- detikInet
Jakarta - Nama Robin Li mungkin masih kalah tenar dengan Bill Gates. Namun di China, pendiri mesin pencarian internet Baidu itu kini menempati jajaran orang terkaya versi majalah Forbes China.

Disitat detikINET dari AFP, Jumat (29/10/2010), Li yang berusia 44 tahun mendapuk jumlah kekayaan dua kali lipat dibandingkan tahun lalu menjadi USD 7,2 miliar. Kesuksesan ini menempatkannya di posisi nomor dua dalam urutan 14 besar.

Ya, merosotnya popularitas Google di kalangan pengguna internet di China turut menyumbang peningkatan saham Baidu secara signifikan. Tak pelak, sang co-founder pun ikut terciprat kejayaan Baidu. 

Seperti diketahui, perseteruan Google dengan pemerintah China terkait dengan kebijakan sensor membuat bisnis raksasa internet itu terus merosot. Malang bagi Google, menuai berkah bagi Baidu. Pada waktu bersamaan, hal ini justru kian menguatkan dominasi Baidu dengan peningkatan pangsa pasar mencapai 70 persen di bulan Juli.

Zong Qinghou adalah orang yang berhasil menandingi Li di posisi nomor satu. Bos perusahaan softdrink Wahaha ini mencatat kekayaan sebesar USD 8 miliar. Jumlah yang berhasil didapuknya ini mengantarkan Zong merajai tiga besar daftar orang terkaya di China versi majalah Forbes China, meningkat tahun sebelumnya di posisi tiga.

Seiring dengan kian berjayanya Baidu di China, apakah akan turut mendorong Li ke urutan nomor satu posisi bergengsi ini? Kita lihat saja perkembangannya nanti!

(rns/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed