Yuk, Ikut Upacara Bendera Virtual

Yuk, Ikut Upacara Bendera Virtual

- detikInet
Senin, 16 Agu 2010 18:32 WIB
Jakarta - Ingatkah kita saat masa sekolah melakukan upacara bendera? Terutama saat perayaan 17 Agustus. Seolah ingin mengingatkan kita kembali ke masa itu, hadir sebuah ajakan untuk melakukan upacara bendera dengan cara unik, yakni secara virtual.Ya, di tengah perkembangan media sosial saat ini, upacara bendera pun dihadirkan dalam bentuk virtual. Sungguh menarik, karena siapa saja bisa melakukan upacara bendera dari mana saja, di depan komputer atau perangkat mobile lain. Tujuannya tetap sama, memupuk rasa cinta Tanah Air di kalangan generasi muda.Adalah pemilik akun Twitter bernama @id_optimis yang mengajak warga situs mikroblogging tersebut untuk melakukan upacara bendera virtual bertepatan dengan HUT RI ke-65, Selasa (17/8/2010).  

Id_optimis sendiri merupakan gerakan sosial di Twitter yang mengajak sikap optimisme pada seluruh warga Indonesia. "Optimisme adalah awal dari kebangkitan bangsa. Ayo bergerak serentak berpikir optimis dan masa depan cerah menanti kita," tulisnya. Kini akun tersebut telah memiliki sekitar 1000 followers.

Dalam melaksanakan upacara digital ini, pengguna bisa memanfaatkan jejaring sosial Twitter dengan hashtag #UpacaraDigital, serta situs yang beralamat di http://www.indonesiaoptimis.org/

Berdasar penuturan id_optimis dalam twitternya, Senin (16/8/2010) berikut adalah beberapa penjelasan dalam Upacara Digital pada 17 Agustus 2010 besok, yang dilakukan via hashtag Twitter #UpacaraDigital: 

1.Di era demokrasi digital ini kamu bisa milih siapa pembina upacara kamu #UpacaraDigital

2. Pilih pembina upacara yang paling kamu suka pandangan nasionalismenya #UpacaraDigital

3.Bebas pilih siapa pembina upacaramu karena setiap amanat mereka punya pesan luar biasa #UpacaraDigital

4. Beberapa aturan dan elemen dalam #Upacarabendera biasa tetap dipertahankan dalam #UpacaraDigital

5. Mulai 17 Agustus 2010 jam 00.00 akses http://bit.ly/bnqrgv dan coba klik tiap petugasnya #UpacaraDigital
 
6. Pengibaran bendera akan bisa diakses tepat pada pukul 10.00 17 Agustus 2010 #UpacaraDigital

7. Bagi pengguna 4SQ juga bisa bersama-sama checkin di tempat upacara pertama di http://bit.ly/proklamasi dan shout hashtag #Upacarabendera

Penasaran dengan mekanismenya? Tunggu waktunya pada 17 Agustuts 2010, mulai pukul 00.00 WIB pada link berikut ini. (fw/ash)