Wasolim, Aplikasi Religi yang Diminati Negara Lain

Inaicta 2010

Wasolim, Aplikasi Religi yang Diminati Negara Lain

- detikInet
Sabtu, 24 Jul 2010 08:08 WIB
Jakarta - Satu-satunya konten Islami pada kategori mobile application Inaicta 2010 ini bernama Wasolim, reminder waktu sholat dan Imsakiyah untuk BlackBerry. Aplikasi yang dikebut dalam waktu 2 minggu ini bahkan telah diunduh user di luar Indonesia.

"Aplikasi ini kita selesaikan dalam dua minggu, dan bahan sudah diunduh user diluar Indonesia. Beberapa user yang mengunduh aplikasi ini berasal dari Saudi Arabia, Uni Emirat, Australia, Jepang, bahkan negeri tetangga kita Malaysia," ujar Achmad Ferdyansah selaku pengembang aplikasi ini kepada detikINET, Jumat (23/7/2010).

Wasolim memang menggunakan Bahasa Inggris dalam antarmukanya, hal ini ditujukan agar aplikasi ini bisa dipakai di seluruh dunia.

Prinsip kerja Wasolim adalah mengingatkan jadwal sholat untuk harian ataupun bulanan, berbasis GPS maupun BTS dari ponsel. Jadi saat seseorang berada di kota lain, ia cukup menuliskan nama kota itu, dan Wasolim pun segera memberi jadwal sholat.

"Kekuatan aplikasi ini terletak pada fitur pencarian kota berbasis keyword maupun location based. Tampilannya juga tidak ribet," tambah Achmad. Selain itu Wasolim juga berbekal pemetaan dari Google. Dengan memanfaatkan koordinat Google, Wasolim langsung mengirimkan jadwal sesuai waktu setempat.

Untuk jumlah pengunduhnya sendiri Achmad mengaku aplikasinya telah menembus 100 ribu downloader, sejak bulan Mei 2010. Wasolim pun telah mendukung seluruh tipe BlackBerry, kecuali seri Pearl.

Berminat? Unduh saja di wasolim.com, atau langsung dari handest masing-masing. Aplikasi ini dikembangkan oleh Achmed Ferdyansyah, Abdul Aziz Rahman dan Dwian Rusendro.



(fw/wsh)