Facebook Kikis Makna 'Pertemanan'

Facebook Kikis Makna 'Pertemanan'

- detikInet
Senin, 14 Jun 2010 17:04 WIB
Jakarta - Horst Heidbrink, seorang peneliti dari Fern-Universitaet di Hagen, Jerman mengungkapkan, situs jejaring sosial seperti Facebook lambat laun akan mengikis makna pertemanan.

Berteman melalui jejaring sosial, menurut penjabaran Heidbrink, sangat mudah dan cukup melalui dua tahapan klik tetikus. Pertama, mengajukan permintaan menjadi teman, lalu yang kedua melakukan konfirmasi.

"Tentu saja tidak semua teman online benar-benar merupakan teman dalam arti sesungguhnya. Persahabatan sejatinya merupakan dua sisi yang saling berhubungan setelah melewati proses pengenalan mendalam dan cukup lama," kata Heidbrink seperti dikutip detikINET dari The China Post, Senin (14/6/2010).

Itu sebabnya, menurut Heidbrink, hanya dengan menambah teman di Facebook tidak berarti bahwa orang tersebut benar-benar berteman.

Chief Editor majalah psikologi ternama di Jerman, Heiko Ernst memberikan tanggapan serupa. "Seiring dengan kian intensifnya penggunaan Facebook, istilah 'teman' pun kian sirna secara dramatis," pungkasnya.
(rns/ash)