Fans Page Akun Sketsa Nabi Dienyahkan

Updated

Fans Page Akun Sketsa Nabi Dienyahkan

- detikInet
Jumat, 21 Mei 2010 10:23 WIB
Jakarta - Facebook akhirnya menjawab serbuan protes umat muslim dunia terhadap kehadiran akun yang mengandung konten sketsa Nabi Muhammad SAW di situs jejaringnya. Saat ini, fans page dari akun terlarang itu sudah dienyahkan.

Dalam penelusuran detikINET, Jumat (21/5/2010) pagi, kehadiran fans page akun yang bernama Everybody Draw Mohammed Day itu kini sudah tak terdeteksi lagi di Facebook.

Hanya saja, event page yang isinya mengajak para pengguna Facebook untuk meramaikan gambar sketsa yang sedianya dilakukan pada 20 Mei lalu, masih ada.

Sementara ketika coba digali lebih lanjut di fitur pencarian, akun-akun yang muncul hanyalah beberapa akun perlawanan yang menolak kehadiran akun tersebut. Seperti AGAINST "Everybody Draw Mohammed Day!, Everybody who is against the "Draw Mohammed Day", serta Close group " Everybody Draw Mohammed Day".

Tidak diketahui dengan jelas sejak kapan Facebook menutup fans page kontroversial tersebut. Namun yang pasti, respon positif dari situs milik Mark Zuckerberg ini patut diapresiasi dan diharapkan menyeluruh.

Pemerintah Indonesia sendiri, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya telah menyatakan 4 sikap tegasnya menanggapi kejadian ini. Salah satu sikapnya adalah memerintahkan penyelenggara internet (ISP) untuk memblokir akun bernama 'Everybody Draw Mohammed Day' tersebut.


*) Sebelumnya tidak dijelaskan akun yang ditutup itu adalah fans page.
(ash/rns)