Ristek Umbar Kisah Sukses Open Source

Ristek Umbar Kisah Sukses Open Source

- detikInet
Rabu, 22 Jul 2009 10:25 WIB
Jakarta - Untuk lebih memasyarakatkan penggunaan software Open Source, Kementerian Riset danTeknologi mengumpulkan sejumlah perusahaan yang telah memanfaatkan Open Source untuk berbagi kisah sukses.

Ada belasan perusahaan dari berbagai bidang yang ikut dalam acara bertajuk Seminar Nasional Pemanfaatan Open Source (POSS) dan IGOS Centre Success Story ini. Antara lain dari sektor BUMN, institusi pemerintah, pendidikan, media hingga rumah sakit.

Kemal Prihatman, Asdep. Urusan Pengembangan dan Pemanfaatan TI Ristek mengatakan, ada sekitar 250 peserta yang datang ke acara yang berlangsung dua hari ini. "Ini menandakan antusiasme yang cukup tinggi dalam menghormati HaKI," ujarnya dalam sambutan di Gedung BPPT, Rabu (22/7/2009).

Diharapkan, lanjut Kemal, dengan digelarnya acara ini para perusahaan yang telah mengambil manfaat dari Open Source dapat berbagi pengalaman. Tak hanya kisah manis-manisnya saja, tetapi juga rahasia dapur mereka dalam menjawab tantangan migrasi ke Open Source.

Menurut Idwan Suhardi, Deputi Bidang Pendayagunaan & Pemasyarakatan Iptek Ristek, sejak gerakan Indonesia Goes Open Source (IGOS) pada 2004 lalu, perkembangan penggunaan sistem terbuka ini sudah cukup signifikan.

Makanya dibuat sebagai suatu gerakan khusus yang didukung berbagai kementerian di Tanah Air. Yaitu tidak ingin Indonesia masuk dalam Priority Watch List karena dianggap sebagai negara pembajak

"Maka Open Source digunakan untuk menjawab tantangan kebutuhan software publik," tukasnya di tempat yang sama. (ash/faw)