Istri Facebook-an, Identitas Kepala Intelijen Inggris Terungkap

Istri Facebook-an, Identitas Kepala Intelijen Inggris Terungkap

- detikInet
Minggu, 05 Jul 2009 10:25 WIB
London - Satu lagi cerita bahwa Facebook bisa mendatangkan masalah jika tak bijak menggunakannya. Gara-gara sang istri ingin 'narsis' melalui foto keluarga di Facebook, identitas kepala intelijen Inggris Sir John Sawers terkuak.

Sawers menjabat Kepala Secret Intelligence Service (SIS) atau yang populer dengan nama MI6 sejak November 2008 lalu. SIS/MI6 merupakan organisasi induk intelijen Inggris yang punya jaringan di seluruh dunia.

Nah, sang istri Lady Shelley Sawers rupanya ingin memamerkan foto keluarganya. Jadilah dia memposting foto keluarga, komplet.

Tak cuma menunjukkan identitas dan wajah suaminya, Shelley juga menunjukkan letak rumah, plus di mana mereka biasa menghabiskan liburan.

Tak cukup, Shelley juga mencantumkan nama-nama teman dan kerabat mereka seperti ditulis harian The Mail yang dikutip Reuters , Minggu (5/7/2009). Mail menjuluki insiden ini 'kesalahan yang luar biasa'.

Bagi Sawers, yang kerjanya di 'bawah tanah', kelakuan istrinya ini tentu cukup merepotkan. Foto yang dipostingnya bisa dilihat jutaan Facebookers di seluruh dunia.

Namun, pejabat berwenang menghilangkan dengan segera foto-foto itu. Hal ini dilakukan setelah dikonfirmasi media mengenai foto Sawers yang beredar di situs jejaring sosial itu.

"Yang ditakutkan adalah blunder yang sangat memalukan yang bisa membahayakan keselamatan keluarga dan teman Sir John," tulis harian The Mail.

The Mail mempublikasikan berita itu di halaman depan dengan gambar yang besar. The Mail mengatakan bahwa informasi itu bisa dimanfaatkan musuh-musuh negara atau teroris. Kebocoran ini bisa memalukan kabinet Perdana Menteri Gordon Brown.

(wsh/wsh)