Rabu, 07 Nov 2018 09:51 WIB

Astaga, Bill Gates Bawa Kotoran Manusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates menunjuk kotoran manusia. Foto: Reuters Bill Gates menunjuk kotoran manusia. Foto: Reuters
Beijing - Bill Gates mengejutkan para hadirin karena membawa kotoran manusia saat dia berpidato. Wah kenapa ya?

Sang pendiri Microsoft membawa kejutan tersebut dalam perhelatan Reinvented Toilet Expo. Rupanya, dia punya tujuan ingin mengkomersialkan toilet masa depan yang yang murah dan membutuhkan air ataupun pipa.

"Saat ini, negara-negara kaya punya sistem pipa dengan air dan kotoran manusia yang menuju ke tempat pemrosesan," kata Gates yang dikutip detikINET dari CNN.



"Hal tersebut membutuhkan instalasi banyak pipa. Sangat mahal dan tidak akan terjadi di kota-kota baru yang lebih miskin," papar Gates.

Menurut WHO, sekitar 2,3 miliar orang belum punya fasilitas sanitasi dasar seperti toilet. Ia menunjuk kotoran manusia yang dia bawa dalam toples itu, yang ia sebut punya puluhan miliar bakteri yang dapat berdampak pada kesehatan jika tidak ditangani dengan baik.

Itulah yang mendasari yayasan Bill & Melinda Gates Foundation memberikan dana USD 200 juta pada beberapa tim untuk mengembangkan toilet yang tak membutuhkan air ataupun listrik.

Yayasan Gates juga mendanai ilmuwan untuk membuat toilet yang dapat membunuh bakteri berbahaya, kemudian diubah menjadi beragam produk berguna seperti air bersih, pupuk bahkan listrik.

Produksi toilet semacam itu, lanjut Gates, saat ini memang masih berada di tahap awal. Mungkin masih butuh sepuluh tahun lagi sampai dapat menjangkau daerah-daerah termiskin.





Tonton juga 'Bill Gates Bawa Kotoran Manusia Saat Berpidato':

[Gambas:Video 20detik]


(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed