Senin, 10 Sep 2018 09:50 WIB

Ini Sosok Pengganti Jack Ma

Adi Fida Rahman - detikInet
Jack Ma. Foto: Istimewa Jack Ma. Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jack Ma Pensiun
Jakarta - Jack Ma memutuskan pensiun dari jabatannya sebagai Chairman Alibaba. Lantas siapa yang akan menggantikannya?

Alibaba baru saja merilis pengumuman resmi mengenai sosok yang akan mengantikan posisi Jack Ma. Berdasarkan keterangan resmi Alibaba yang diterima detikINET, Senin (10/9/2018), penggantinya tak lain adalah Daniel Zhang yang menjabat sebagai CEO Alibaba.



Terhitung satu tahun sejak hari ini, Zhang akan meneruskan kepemimpinan Jack Ma sebagai Chairman of the Board Alibaba Group pada 10 September 2019. Jack Ma sendiri akan terus menjabat sebagai Executive Chairman perusahaan selama 12 bulan ke depan untuk memastikan transisi kepemimpinan kepada Daniel Zhang berjalan mulus.

Jack Ma juga akan menuntaskan tugasnya yang saat ini sebagai anggota Board of Directors Alibaba Group hingga Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan tahun 2020.

Setelah pensiun, ada banyak hal yang akan dilakukan Jack Ma ke depan. Salah satu fokusnya adalah kegiatan filantropi.

Daniel Zhang, CEO AlibabaDaniel Zhang, CEO Alibaba Foto: wantedonline

"Ada banyak hal yang saya ingin lakukan untuk mendedikasikan waktu saya, yaitu pendidikan, lingkungan, dan filantropi," ucapnya dalam sebuah wawancara yang dikutip dari South China Morning Post beberapa waktu lalu.

Semenjak melepas jabatan CEO pada 2013 lalu, Ma sudah menghabiskan sekitar 40% waktunya untuk berkeliling dunia. Hal itu dilakukannya untuk berbicara mengenai isu globalisasi, potensi teknologi yang mampu meningkatkan taraf hidup, serta sejumlah kegiatan filantropi.



Simak Juga 'Perkenalkan Sosok Pengganti Jack Ma':

[Gambas:Video 20detik]



Selain itu, Jack Ma pun menjelaskan bahwa pengunduran dirinya nanti sudah dipikirkan secara matang-matang. Ia pun menyangkal anggapan yang menyatakan jika keputusannya untuk menyerahkan jabatannya dilakukan lantaran bisnis yang sedang surut.

"Semua orang yang mengenal saya akan tahu jika saya menatap masa depan. Ini bukan soal pensiun, mengundurkan diri, atau pergi menjauh. Ini adalah rencana yang sistematis," ujarnya mantap.

(afr/rns)
FOKUS BERITA Jack Ma Pensiun

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed