Senin, 11 Sep 2017 15:41 WIB

Tips Edho Zell Buat yang Cari Duit Jadi YouTuber

Josina - detikInet
Foto: dok. pribadi Edho Zell Foto: dok. pribadi Edho Zell
Jakarta - Semua orang bisa menjadi YouTuber. Tak sekadar eksis, video-video yang kalian upload di YouTube bisa menghasilkan uang miliaran rupiah. Tertarik? Kuasai dulu tips keren dari salah satu YouTuber Edho Zell.

YouTuber yang dikenal dengan berbagai konten parodinya ini menyebutkan, semua niat tersebut terlebih dahulu dimulai dengan doa. Selanjutnya, baru kita langsung mengeksekusi konten yang akan dibuat.

1. Peka dengan tren

Pembuat konten harus bisa peka dengan suatu peristiwa yang lagi trending atau ramai diperbincangkan masyarakat, terutama di internet sebagai bahan video.

Jika memang sedang sepi peristiwa, kita bisa mencari tahu tren yang sedang hits. Misalnya, gaya pacaran anak milenial, bahasa-bahasa gaul, dan lain-lain.

Tak perlu minder ketika konsep video yang ingin dibuat ternyata sudah dibuat oleh YouTuber lain. Tidak ada salahnya tetap dicoba, karena meski konsepnya sama, 'rasa' dan hasilnya pasti berbeda.

"Sesama-samanya konsep kita dengan dia pasti ada cerita background yang berbeda, itu lah yang membedakan video kita dengan dia," ujarnya.

2. Bikin penonton betah

Agar penonton betah berlama-lama, perlu diperhatikan durasi dan tempo. Untuk 15 detik pertama, kita harus membuat sesuatu yang benar-benar menarik perhatian seperti hal-hal yang membuat penasaran. Jangan lupa di setiap 30 detik juga harus disisipkan hal menarik atau lucu.

3. Pemilihan judul agar viral

Setelah mendapatkan tema, kita harus pintar membuat judul. YouTube adalah mesin pencarian terbesar setelah Google, sehingga perlu diperhatikan SEO (Search engine optimization) atau sederhananya, memanfaatkan kata kunci yang paling sering digunakan orang untuk mencari.

"Misal kemarin lagi ramai bahas Raisa dan Hamis Daud, maka orang pasti akan mencari di Google atau YouTube dengan kedua kata itu. Maka penempatan judul di video bisa ditulis 'Raisa dan Hamis Daud Parodi...," saran Edho.



4. Berinteraksi dengan penonton

Selain konten, hal yang paling penting adalah dari sisi sosialnya. Sebagai pembuat video, disarankan menyempatkan waktu untuk membalas komentar atau memberikan tanda love pada komentar-komentar yang masuk.

Dengan demikian, suscriber tahu bahwa kita juga melihat masukan dari mereka dan mereka merasa dianggap sebagai fans.

"Arti suscriber karena sudah lama banget, kita sama-sama jadi berasa seperti keluarga. Karena dari saya jomblo sampai punya anak mereka masih mau nonton saya," kata Edho.

Menurut pemilik nama asli Edho Zell Pratama ini, mau sebagus apapun kontennya, jika tak ada interaksi sosial dari si pembuat konten, maka akan menjadi percuma.



5. Konsisten, lawan rasa malas

Hal yang dilakukan Edho adalah berjanji kepada suscribernya akan mengupload video setiap Senin dan Kamis.

Dengan melakukan hal itu, Edho merasa punya tanggung jawab untuk menepati janji dan termotivasi melawan rasa malas. Dengan konsisten, sebuah channel YouTube akan dengan sendirinya bertambah jumlah suscribernya.

"Dengan konsisten mengupload biasanya orang yang nonton video kita akan mengecek apakah channel kita serius, thumbnail rapi dan editing yang baik," tutupnya.


(rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed