Selasa, 22 Agu 2017 12:59 WIB

Penampakan Bumi Bulat Dilanda Gerhana Matahari

Agus Tri Haryanto - detikInet
Bayangan bulan yang terlihat hitam di Bumi bagian atas. Foto: NOAA Bayangan bulan yang terlihat hitam di Bumi bagian atas. Foto: NOAA
Jakarta - Gerhana matahari total yang tahun ini melintasi Amerika Serikat (AS) telah memukau jutaan pasang mata. Rata-rata dari mereka melihat proses terjadinya gerhana itu dari daratan. Nah, bagaimana ketika fenomena alam itu dilihat dari luar angkasa?

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) berhasil mengabadikan detik-detik bayangan Bulan menutupi wilayah AS. Proses gerhana matahari total ini sendiri berawal dari pantai barat hingga pantai timur negeri Paman Sam tersebut.

Dikutip dari Mashable, Selasa (22/8/2017), penampakan bayangan bulan ditangkap oleh satelit NOAA yang terbaru, yaitu GOES-16. Sejatinya, satelit yang baru diluncurkan November 2016 itu berfungsi sebagai satelit cuaca, seperti memperkirakan cuaca buruk hingga melindungi spesies laut dilihat dari luar angkasa.



Latar belakang hitam semakin menegaskan wujud Bumi berbentuk bulat dilihat mata satelit GOES-16. Sementara itu, bayangan Bulan atau umbra terus melintasi hampir seluruh negara bagian AS.
Gerhana Matahari Total Tampakkan Bumi BulatBayangan bulan berwarna hitam tampak di sisi kanan atas menutup Amerika. Foto: NOAA


Tak hanya NOAA, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga berhasil menangkap bayangan bulan saat menutupi AS. Namun bedanya dengan NOAA, NASA hanya dapat menangkap objek tersebut dari jarak dekat, yakni di sekitar orbit.

Hal yang sama juga terekam oleh Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), di mana mereka melihat bayangan Bulan dari jarak dekat.

Gerhana matahari total diprediksi akan menggelapkan AS kembali pada 2024 nanti. Saat itu, NASA dan NOAA akan memiliki alat yang lebih canggih lagi untuk merekam pertunjukan alam yang terbilang langka tersebut. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed