BERITA TERBARU
Kamis, 18 Mei 2017 16:50 WIB

Laporan dari Mountain View

Mengenal Kepintaran Kamera Google Lens

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: google Foto: google
Mountain View - Teknologi teranyar lainnya yang diungkap di Google I/O 2017 adalah Google Lens. Memanfaatkan artificial inteligent (AI) alias kecerdasan buatan, Google Lens bisa membuat sebuah kamera menjadi pintar.

Saksikan video 20detik mengenai Google I/O 2017 di sini:


"Dengan Google Lens, kamera smartphone tak hanya melihat apa yang Anda lihat, tetapi juga 'memahami' apa yang dilihatnya dan membantu mengambil tindakan," kata CEO Google Sundar Pichai saat memperkenalkan Google Lens di panggung I/O 2017.

Dalam sebuah demo, dipamerkan bagaimana kita mengarahkan kamera ke suatu objek, kemudian Google Lens memberitahukan nama objek, bahkan informasi lain mengenai objek tersebut.

Misalnya, ketika mengarahkan kamera ke sebuah kedai, maka akan muncul pop up berisi informasi mengenai alamat, kontak dan review pelanggan lain mengenai kedai tersebut.

Mengenal Kepintaran Kamera Google LensFoto: google
Dalam contoh lain, Sundar juga memperlihatkan bagaimana Google Lens memudahkan keseharian, contohnya membantu mengkoneksikan smartphone dengan jaringan WiFi rumah. Caranya, dengan memotret foto stiker pada router internet.

Untuk contoh ini, Google Lens bisa mengidentifikasi nama dan password dari foto router, dan memunculkan opsi tekan tombol terkoneksi. Pintar!

Google Lens juga terintegrasi dengan Google Assistant. Melalui sebuah tombol baru di aplikasi Assistant, pengguna bisa mengakses Google Lens dan memasukan foto ke dalam percakapan dengan Google Assistant. Nantinya, Google Assistant akan memproses data yang ada di foto.

Untuk memamerkan cara kerjanya, petinggi Google lainnya Scott Huffman mengarahkan kamera ke sebuah papan bertuliskan sebuah show. Google Assistant kemudian menampilkan informasi untuk show tersebut.

Tak cukup sampai di situ, Scott kemudian mengeluarkan perintah suara, "Masukkan ke kalender saya," dan Google Assistant secara otomatis menaruhnya di kalender berdasarkan informasi dari foto tersebut.

Contoh lainnya adalah dengan mengarahkan kamera pada sebuah papan bertuliskan bahasa Jepang. Scott men-tap ikon Google Lens dan bertanya "Apa artinya?," kemudian Google Assistant menerjemahkan teks pada papan tersebut.

Google tidak menyebutkan kapan Google Lens bisa dijajal. Raksasa teknologi ini hanya mengatakan segera, dalam waktu dekat.

(rns/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.