BERITA TERBARU
Jumat, 21 Apr 2017 17:32 WIB

Kartini Masa Kini

Dicari Srikandi di Industri Telekomunikasi

Adi Fida Rahman - detikInet
Dian Siswarini. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Dian Siswarini. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Industri telekomunikasi di Tanah Air sepertinya masih didominasi kaum pria. Sebab jumlah perempuan masih minim.

"Masih sedikit, kurang banyak. Karena banyak orang yang mengira ini dunia laki-laki," kata Dian Siswarini, CEO XL Axiata saat ditemui usai berbicara di acara Kartini Masa Kini yang digelar detikcom di Rumah Maroko, Jakarta, Kamis malam (20/4/2017).

Ia mengakui beberapa tahun lalu industri telekomunikasi masih belum ramah untuk para perempuan. Sebab teknologi belum secanggih sekarang, sehingga perlu kesiapan fisik. Tapi kondisi saat ini sangat berbeda.

"Waktu zaman saya masuk jadi engineer itu karena peralatan simulasi masih kurang bagus. Jadi saya harus naik tower. Tapi kalo sekarang nggak. Karena teknologi sudah hebat, simulasi bisa dilakukan depan komputer," ungkap Dian.

Kendati demikian, Dian masih melihat pandangan dunia telekomunikasi hanya untuk laki-laki masih cukup kuat di masyarakat. Ini bisa dilihat dari jumlah perempuan yang menimba ilmu di jurusan teknik elektro.

Saat dirinya masih kuliah di ITB awal tahun 90-an, komposisi perempuan hanya 5%. Dua dekade berselang hanya naik menjadi 10% saja. Dari jumlah tersebut tidak semua memilih untuk berkarier di industri telekomunikasi.

"Ketika lulus banyak yang kerja di bidang lain," katanya.

Makin minim jumlah Srikandi di Industri Telekomunikasi lantaran beberapa yang sudah bekerja akhirnya memutuskan untuk berhenti setelah menikah.

Menurut Dian Siswarini, untuk menghilangkan stereotipe bahwa dunia telekomunikasi milik pria kuncinya di edukasi. Dengan begitu banyak orang akan terbuka pandangannya bahwa industri ini untuk semua.

Pihak XL sendiri, kata Dian, sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat perempuan berkecimpung di telekomunikasi. Mereka menyambangi sekolah dan kampus untuk mengedukasi bahwa dunia telekomunikasi bisa dimasuki laki-laki maupun perempuan.

"Dengan edukasi kita dapat encourage mereka untuk masuk ke industri ini," tutup perempuan berkacamata itu. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.