Jumat, 21 Apr 2017 17:17 WIB

Potret Kapal Induk AS Lewati Selat Sunda

Fino Yurio Kristo - detikInet
USS Carl Vinson di Selat Sunda. Foto: US Navy USS Carl Vinson di Selat Sunda. Foto: US Navy
Jakarta - Kapal induk Amerika Serikat, USS Carl Vinson yang dibekali beragam persenjataan dan pesawat tempur canggih dikatakan presiden Donald Trump segera merapat ke semenanjung Korea. Kenyataannya tidak demikian, USS Carl Vinson diketahui malah melintasi perairan selat Sunda.

Foto yang dirilis Angkatan Laut AS pada tanggal 15 April malah menampakkan USS Carl Vinson berada di selat Sunda dan sepertinya tengah mengarah ke Australia.

"Kapal induk USS Carl Vinson transit di Selat Sunda," begitu bunyi keterangan foto bersangkutan. Terlihat dalam foto Carl Vinson melintasi lautan dengan segenap pesawat tempur yang berjejer di geladaknya.

Dikatakan kalau kapal induk AS sudah rutin berpatroli di kawasan Asia Pasifik lebih dari 70 tahun. USS Carl Vinson sendiri, meski sudah berusia tua, masih tangguh dan berdaya nuklir. Saat ini, belum diketahui lagi lokasi persis USS Carl Vinson.

8 April lalu, Komando Pasifik AS merilis pernyataan USS Carl Vinson dan pasukan serbunya akan meninggalkan perairan Singapura dan berlayar ke perairan Pasifik Barat. "Kita kirim sebuah armada. Sangat kuat. Kita memiliki kapal selam, sangat kuat, jauh lebih kuat dari kapal induk, itu yang bisa saya katakan," ucap presiden AS Donald Trump.

Tapi kenyataannya tak demikian, malah menuju Australia. Beberapa pejabat militer AS mengklarifikasi USS Carl Vinson akan menyelesaikan latihan militer dengan Australia dulu, baru ke Pasifik Barat. Tapi kebingungan makin menjadi saat Menhan AS James Mattis menyebut latihan militer dengan Australia dibatalkan dan USS Carl Vinson segera merapat ke semenanjung Korea.

Pernyataan yang tidak konsisten itu dikecam beberapa pihak di Korsel. "Apa yang dikatakan oleh Mr Trump sangatlah penting bagi keamanan nasional Korsel. Jadi jika itu adalah kebohongan, maka selama masa jabatannya, Korsel takkan percaya apapun yang dikatakannya," kata politisi calon presiden Korsel, Hong Joon pyo.

FotoINET: USS Carl Vinson, Kapal Induk AS Penangkal Korea Utara

(fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..