Jumat, 21 Apr 2017 17:17 WIB

Potret Kapal Induk AS Lewati Selat Sunda

Fino Yurio Kristo - detikInet
USS Carl Vinson di Selat Sunda. Foto: US Navy USS Carl Vinson di Selat Sunda. Foto: US Navy
Jakarta - Kapal induk Amerika Serikat, USS Carl Vinson yang dibekali beragam persenjataan dan pesawat tempur canggih dikatakan presiden Donald Trump segera merapat ke semenanjung Korea. Kenyataannya tidak demikian, USS Carl Vinson diketahui malah melintasi perairan selat Sunda.

Foto yang dirilis Angkatan Laut AS pada tanggal 15 April malah menampakkan USS Carl Vinson berada di selat Sunda dan sepertinya tengah mengarah ke Australia.

"Kapal induk USS Carl Vinson transit di Selat Sunda," begitu bunyi keterangan foto bersangkutan. Terlihat dalam foto Carl Vinson melintasi lautan dengan segenap pesawat tempur yang berjejer di geladaknya.

Dikatakan kalau kapal induk AS sudah rutin berpatroli di kawasan Asia Pasifik lebih dari 70 tahun. USS Carl Vinson sendiri, meski sudah berusia tua, masih tangguh dan berdaya nuklir. Saat ini, belum diketahui lagi lokasi persis USS Carl Vinson.

8 April lalu, Komando Pasifik AS merilis pernyataan USS Carl Vinson dan pasukan serbunya akan meninggalkan perairan Singapura dan berlayar ke perairan Pasifik Barat. "Kita kirim sebuah armada. Sangat kuat. Kita memiliki kapal selam, sangat kuat, jauh lebih kuat dari kapal induk, itu yang bisa saya katakan," ucap presiden AS Donald Trump.

Tapi kenyataannya tak demikian, malah menuju Australia. Beberapa pejabat militer AS mengklarifikasi USS Carl Vinson akan menyelesaikan latihan militer dengan Australia dulu, baru ke Pasifik Barat. Tapi kebingungan makin menjadi saat Menhan AS James Mattis menyebut latihan militer dengan Australia dibatalkan dan USS Carl Vinson segera merapat ke semenanjung Korea.

Pernyataan yang tidak konsisten itu dikecam beberapa pihak di Korsel. "Apa yang dikatakan oleh Mr Trump sangatlah penting bagi keamanan nasional Korsel. Jadi jika itu adalah kebohongan, maka selama masa jabatannya, Korsel takkan percaya apapun yang dikatakannya," kata politisi calon presiden Korsel, Hong Joon pyo.

FotoINET: USS Carl Vinson, Kapal Induk AS Penangkal Korea Utara

(fyk/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed