BERITA TERBARU
Jumat, 21 Apr 2017 15:58 WIB

Kartini Masa Kini

Misi Mulia Leonika: Bikin Startup Penyelamat Nyawa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Tak semua startup 'mata duitan'. Ada juga yang punya misi mulia, jadi penyelamat nyawa. Startup lokal yang didirikan oleh wanita muda ini bahkan sampai bikin Google kepincut.

Masih muda dan perempuan bukanlah suatu halangan yang berarti untuk bergelut di bidang usaha rintisan digital. Begitu yang dihadapi oleh Leonika Sari Njoto Boedioetomo, gadis 23 tahun yang merupakan sosok di balik Reblood -- sebuah aplikasi yang membantu Anda untuk donor darah di tempat terdekat dengan jadwal yang bisa dipilih sesuai keinginan.

"Reblood pertama kali bikin pada 2015, dua tahun lalu yang dimulai program yang dinisiasi oleh Bu Risma (Wali Kota Surabaya). Di situ berat juga, startup yang identik dengan teknologi, kita sekantor itu cowok semua, founder startup cowok semua," ungkap Leonika di acara Kartini Masa Kini yang digelar detikcom di Rumah Maroko, Jakarta.

Persoalan gender itu tak dihiraukan oleh Leonika, alumnus Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang mengubah permasalahan tersebut jadi tantangannya.

Misi Mulia Leonika: Bikin Startup Penyelamat NyawaFoto: Hasan Alhabshy

Melalui bimbingan dari Tri Rismaharini kala itu, membuat Leonika semakin termotivasi untuk mengkampanyekan pentingnya donor darah kepada masyarakat luas lewat aplikasi Reblood yang dirancangnya.

"Intinya, beliau mengajarkan tidak ada sukses tanpa kerjakeras. Kalian mungkin merasa 'oke, cewek pasti susah' tapi yang berarti susah itu bukan berarti mustahil. Sesulit apapun, tetap berusaha," ungkap dara cantik ini.

Mendapat dukungan dan dorongan mental, Leonika semakin membulatkan untuk menularkan hal itu kepada khalayak luas, agar mereka bisa mendonor darahnya tanpa kesulitan berarti.

Leonikan menuturkan, persoalan kekurangan stok donor darah tak hanya terjadi di Surabaya, tetapi secara nasional, di mana setiap tahunnya dibutuhkan lima juta tapi yang terpenuhi 3-4 juta kantong darah.

"Setelah dihitung, setiap menitnya ada 10 orang di Indonesia membutuhkan darah, tiga diantaranya tidak dapat. Sehingga setiap tahun dapat dihitung jutaan orang yang meninggal karena permasalahan tersebut," tuturnya.

Dengan Reblood, Leonika menjelaskan dapat memberitahu informasi terkait jadwal dan reminder untuk siap sebelum donor. Tak hanya itu, Leonika meracik cara penyampaian donor darah ini dengan cara fun, seperti reward hingga voucher belanja kepada pendonor.

"Manfaat donor darah, kalau rutin empat kali dalam setahun itu bisa mengurangi risiko serangan jantung, umur jadi lebih panjang, dan berdasarkan penilitian yang sering donor itu sudah 60-70 tahun tetap sehat tanpa penyakit apapun," kata Leonika.

"Dengan satu donor darah itu bisa menyelematkan tiga nyawa orang. Bayangkan itu bisa dilakukan secara rutin, bisa menyelamatkan banyak nyawa," tambah wanita berambut sebahu ini. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.