Kamis, 12 Jan 2017 09:31 WIB

Kisah Obama yang Cinta Mati Pada BlackBerry

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Barack Obama sebentar lagi meletakkan jabatannya sebagai presiden Amerika Serikat setelah berada di posisi itu selama dua periode. Banyak cerita soal pria yang pernah tinggal di Jakarta ini, salah satunya soal kecintaannya pada smartphone BlackBerry.

Sejak tahun 2008 ketika ia memenangkan Pilpres AS untuk kali pertama, Obama adalah pengguna setia BlackBerry. Kala itu, BlackBerry masih jaya, masih ponsel idaman semua orang. Obama selalu menggunakannya dalam masa kampanye dan terus berlanjut sampai ia tinggal di Gedung Putih.

Pada awalnya, Obama sempat akan dilarang memakai BlackBerry terkait risiko keamanan dari serangan hacker. Tapi saking cintanya pada BlackBerry, Obama berjuang agar tetap dapat menggunakannya.

"Mereka ingin merebutnya dariku," papar Obama ketika itu, membenarkan bahwa sepertinya, ia tidak boleh lagi memakai Blackberry saat menjabat sebagai presiden AS dan tinggal di gedung putih.

Melihat kengototan sang presiden, pihak keamanan Gedung Putih akhirnya luluh. Suami Michele Obama itu akhirnya diizinkan menggunakan BlackBerry meski ada sejumlah keterbatasan demi menjaga keamanannya.

"Presiden boleh membawa BlackBerry-nya setelah ada kompromi bahwa dia bisa tetap berhubungan dengan staf senior dan segelintir teman dekat asalkan penggunaannya dibatasi," ujar Jubir Gedung Putih Roberts Gibbs.

Pengamanan terhadap alat tersebut juga ditingkatkan, bahkan BlackBerry milik Obama di masanya adalah yang teraman di dunia. BlackBerry versi 8330 itu telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjamin kerahasiaan komunikasi sang presiden negara adidaya tersebut.

BlackBerry Obama antara lain dibekali solusi keamanan penyandian canggih bernama SecurVoice dari perusahaan Genesis Key, yang diklaim sebagai solusi keamanan handset pertama di dunia yang mengamankan suara, data dan video. Teknologinya memenuhi standar National Security Agency (NSA), lembaga keamanan prestisius negara Amerika.

Pendek kata, komunikasi yang dilakukan Obama di BlackBerry kesayangannya hampir mustahil ditembus oleh pihak manapun.
Kisah Obama yang Cinta Mati Pada BlackBerryFoto: GettyImages

Selalu Setia dengan BlackBerry

Popularitas BlackBerry kemudian menurun drastis. Namun Obama terindikasi tetap menggunakannya. Sampai tahun 2014, Obama masih kedapatan menggunakan BlackBerry sebagai alat komunikasi utamanya, tentu dengan model yang lebih baru.

Hal itu terungkap ketika sejumlah reporter media AS tengah meliput Obama yang ingin menaiki Marine One yakni helikopter kepresidenan AS. Di tengah langkahnya menuju kendaraan udara tersebut tiba-tiba ia mengatakan, "Saya lupa BlackBerry saya," ujarnya.

Hasil Jepretan presiden Obama yang menunjukan BlackBerry miliknya pun langsung di-posting oleh salah satu awak media yang hadir. Dalam gambarnya presiden Obama terlihat sumringah sembari memperlihatkan perangkat besutan perusahaan Kanada itu.

Barulah pada pertengahan tahun 2016 lalu, dipastikan kalau Obama tidak lagi memakai BlackBerry. Obama memang belum pernah menggunakan ponsel anyar itu di depan publik.

Baca juga: Foto Kenangan Obama dengan BlackBerry


Namun sampai saat ini baru ada satu ponsel yang mendapat sertifikasi oleh Departemen Pertahanan AS karena mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, yaitu Galaxy S4 sehingga diduga ponsel itulah yang dipakainya sebagai pengganti BlackBerry.

Namun ponsel yang digunakan oleh Obama sepertinya mempunyai lebih banyak keterbatasan untuk alasan keamanan. Seperti ia tak bisa melakukan panggilan keluar menggunakan ponsel tersebut, mengirim pesan, mengambil foto, bahkan memutar musik.

Sampai-sampai Obama membandingkan ponsel itu dengan ponsel mainan yang dipakai oleh anak bayi berusia 3 tahun. Di lain pihak, istri dan putri Obama mempunyai ponsel dengan akses yang tak tertutup, dan itu membuat Obama cemburu.

"Saya melihat Malia dan Sasha melakukan semua ini dan Michelle mempunyai tiga, dia mengirim pesan dan melakukan semua ini," ujar Obama.

Bagaimanapun, hampir di seluruh masa jabatannya, Obama setia menggunakan BlackBerry. Kini cerita mungkin akan beralih ke penggantinya, Donald Trump. Kira-kira, Trump akan memakai ponsel seperti apa ya?

Saksikan video 20detik di sini:

(fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed