BERITA TERBARU
Jumat, 17 Feb 2017 18:48 WIB

Qlue: 99% Aduan dari Pilkada Jakarta

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Dari laporan masyarakat yang masuk ke aplikasi Qlue berjumlah 803 aduan, 99% datang dari wilayah Jakarta. Itu menandakan bahwa Pilkada DKI Jakarta merupakan yang paling heboh diantara daerah lainnya yang turut menggelar pemilihan.

Sementara sisanya, yaitu 1% laporan pengawasan Pilkada Serentak 2017 itu berasal dari gabungan kota-kota penyangga Ibu Kota, misalnya Bekasi, Depok, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Ketua Bidang Kebijakan Strategis Mastel, Teguh Prasetya, mengatakan alasan kenapa Pilkada DKI Jakarta paling heboh hingga warganya bereaksi untuk turut aktif melakukan pengawasan pilkadanya.

"Pertama, warga DKI memang sudah kenal dengan Qlue. Kedua, sosialisasi Pilkada DKI juga sampai menyedot perhatian TV nasional, dan Jakarta juga merupakan sentris," ucapnya di Kantor Mastel, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

"Apalagi ditambah dengan sebelum Pilkada datang jutaan orang yang lakukan long march dan kemarin ratusan ribu lakukan shalat subuh bersama," ungkap Teguh.

Teguh melanjutkan kelebihan dari masyarakat Jakarta turut aktif melakukan pengawasan Pilkada, karena telah memiliki trigger untuk melaporkan apa yang terjadi di sekitarnya.

"Pilkada DKI paling heboh sehingga otomatis menjadi tanggungjawab moral bagi masyarakatnya untuk mengawasi," sebutnya.

Untuk diketahui, dari 803 aduan itu didominasi oleh soal atribut kampanye sebanyak 83,1%. Lalu jumlah aduan yang terbanyak berikutnya 8,9% terkait Tempat Pemungutan Suara (TPS), 4,4% soal surat suara, dan 3,6% terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Lebih rinci soal penyebaran laporannya di Jakarta, maka Jakarta Barat berada di urutan teratas dengan persentase 35%. Kemudian dibelakangnya disusul oleh Jakarta Selatan 24,7%, Jakarta Timur 17,8%, dan Jakarta Utara 16,3%, Jakarta Pusat 6,2%, dan sisanya dari Kepulauan Seribu.

Data-data aduan itu terkumpul sedari tanggal 1 Desember 2016 sampai dengan 16 Februari 2017. Jumlah laporan tersebut berdasarkan yang diterima Qlue lewat aplikasinya. Saat ini Qlue mempunyai 600 ribu user di seluruh Indonesia. (fyk/fyk)

Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed