Begini Cara Xiaomi Maksimalkan Kapasitas Baterai HP

Begini Cara Xiaomi Maksimalkan Kapasitas Baterai HP

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 13 Des 2021 17:30 WIB
Baterai Xiaomi
Foto: Dok. Xiaomi
Jakarta -

Xiaomi mengumumkan temuan terbarunya lewat Weibo, yaitu terkait teknologi baterai. Dengan teknologi ini kapasitas baterai bisa meningkat dengan dimensi yang sama.

Peningkatan kapasitas yang bisa dicapai dengan teknologi ini mencapai 10% dengan voume komponen yang sama. Caranya dengan meningkatkan konten silikon elektroda yang ada pada baterai sembari mengurangi ketinggian sirkuit kontrol agar bisa rata dengan bagian atas baterai.

Hasilnya, menurut Xiaomi, mereka bisa membenamkan baterai 4.400 mAh dengan dimensi yang sama seperti baterai 4.000 mAh, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (13/12/2021).

Tak cuma itu, nantinya baterai Xiaomi akan dilengkapi dengan chip pengatur yang dilengkapi algoritma tertentu yang bisa meningkatkan keamanan dan daya tahan sel baterai. Maksudnya adalah pengguna bisa dengan aman men-charge baterainya semalaman tanpa takut baterainya rusak, kapasitasnya berkurang, atau bahkan meledak.

Teknologi semacam ini sebenarnya sudah diterapkan di beberapa pembuat ponsel lain. Yaitu dengan menggunakan machine learning untuk mempelajari kebiasaan pengguna saat mengisi baterai, misalnya jam berapa pengguna biasa mencabut ponselnya dari charger.

Dengan begitu baterai ponsel hanya akan diisi sampai 80%, dan baru akan diisi sampai 100% saat pengguna akan mencabut ponselnya dari charger. Hal ini disebut penting untuk menjaga kesehatan baterai, yaitu dengan tidak terus menerus mengisi daya saat baterai sudah penuh.

Ada juga pabrikan yang melengkapi baterainya dengan sensor suhu untuk memastikan agar baterai tak terlalu panas saat diisi ulang. Saat suhu terlalu tinggi, maka daya yang dihantarkan akan dikurangi.

Baterai baru Xiaomi ini diperkirakan akan mulai diadopsi pada pertengahan kedua 2022 mendatang. Artinya Xiaomi 12 kemungkinan belum akan mencicipi teknologi baru ini, karena ponsel flagship tersebut kabarnya bakal dirilis dalam waktu dekat.



Simak Video "Xiaomi 12 Pro, Android Gahar nan Compact"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)