Oppo Pamerkan Teknologi Kamera HP Retractable

Oppo Pamerkan Teknologi Kamera HP Retractable

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 09 Des 2021 12:00 WIB
Oppo pamerkan teknologi kamera retractable
Oppo Pamerkan Teknologi Kamera Retractable Foto: Twitter/OPPO
Jakarta -

Oppo akan menggelar event Oppo INNO Day di China pada pekan depan, di mana vendor ponsel ini akan mengungkap teknologi hardware terbarunya. Seminggu sebelumnya, Oppo memamerkan teknologi kamera terbaru yang mungkin akan debut di ponsel flagship-nya.

Lewat akun Twitter resminya, Oppo memamerkan teknologi kamera retractable untuk ponsel. Sesuai namanya, kamera ponsel ini bisa keluar dan masuk layaknya lensa kamera digital saat zoom in dan zoom out.

Video teaser yang dibagikan Oppo memperlihatkan sebuah ponsel misterius berwarna abu-abu dengan modul kamera yang cukup besar di bagian belakangnya.

Oppo memperlihatkan bagaimana kamera itu tetap bisa berfungsi meski ponsel dalam keadaan basah. Tampaknya Oppo berhasil memasang kamera retractable ini tanpa mengurangi kemampuan anti air di ponsel.

Selain itu, ponsel ini sepertinya juga memiliki mekanisme deteksi jatuh yang kemungkinan akan melindungi modul kamera jika ponsel tiba-tiba jatuh saat kamera itu sedang digunakan, seperti dikutip dari XDA Developer, Kamis (9/12/2021).



Teaser itu juga mengungkap bahwa kamera tersebut memiliki sensor berukuran 1/1,58 inch, focal length ekuivalen 50mm, dan bukaan f/2,4. Sayangnya Oppo tidak membagikan detail teknis lainnya tentang kamera retractable ini.

Belum diketahui apa fungsi utama kamera retractable ini. Tapi kemungkinan besar Oppo mengembangkan teknologi ini agar bisa menawarkan kemampuan zoom optikal di kamera utama tanpa perlu menggunakan lensa periskop atau telephoto tambahan.

Kemungkinan besar Oppo akan memberikan informasi lebih banyak tentang teknologi kamera ini di event Oppo INNO Day yang akan berlangsung pada 14 Desember 2021.

Oppo bukan vendor ponsel pertama yang mengembangkan teknologi kamera retractable. Tahun lalu, Xiaomi pernah memamerkan Retractable Wide-Aperture Lens Technology, tapi sayangnya sampai saat ini belum menjadi produk yang dirilis ke publik.



Simak Video "Melihat Inovasi Gadget dari Oppo di INNO Day Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)