Ganggu Banget, Begini Cara Terbaru Microsoft Jegal Chrome

Ganggu Banget, Begini Cara Terbaru Microsoft Jegal Chrome

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 04 Des 2021 06:51 WIB
Microsoft Edge
Foto: screenshot
Jakarta -

Microsoft sejak dulu selalu punya 'cara tersendiri' untuk mengajak pengguna Windows memakai browser buatannya, dari mulai Internet Explorer sampai kini di browser terbarunya, yaitu Edge.

Cara-cara Microsoft ini terkadang cukup mengganggu, bahkan sampai mereka pernah terkena gugatan monopoli karena pengguna tak bisa meng-uninstal Internet Explorer, dan tak bisa memakai browser lain di zamannya, seperti Netscape dan sejenisnya.

Kini, Microsoft kembali beraksi, dengan memunculkan pesan-pesan ajakan agar pengguna Windows 10 dan 11 tetap menggunakan Edge. Pesan tersebut muncul saat pengguna membuka laman untuk mengunduh Chrome.

Pesan-pesan yang mengajak pengguna untuk tak memakai Chrome itu bunyinya seperti di bawah ini:

  • Microsoft Edge runs on the same technology as Chrome, with the added trust of Microsoft.
  • That browser is so 2008! Do you know what's new? Microsoft Edge.
  • 'I hate saving money,' said no one ever. Microsoft Edge is the best browser for online shopping.

Selain muncul di Windows 11, pesan-pesan ini juga muncul di Windows 10. Menariknya, pesan ini bukan berupa pop up seperti iklan yang biasanya muncul saat membuka situs tertentu. Pesan tersebut merupakan bagian dari Edge, dan tak muncul saat membuka situs lainnya.

Namun Google pun sebenarnya punya taktik serupa saat ada yang mengakses layanan Google seperti Search ataupun Gmail lewat Edge. Google menampilkan pesan yang mengajak pengguna untuk pindah ke Chrome dari Edge.

Aksi terbaru Microsoft ini hadir setelah kurang lebih tiga tahun lalu mereka mulai menjajal memunculkan peringatan untuk pengguna Windows 10 agar tidak menginstal Chrome dan Firefox.

Untungnya langkah itu hanya ada pada tahap akhir pengujian dan tidak dimunculkan ke publik, tempatnya pada Windows 10 2018 Update. Namun sejumlah penguji Windows 10 sempat menemukan pesan pada Windows 10 saat pengguna mau menginstal browser lain.

"Anda sudah mempunyai Microsoft Edge, browser yang lebih aman dan kencang untuk Windows 10," tulis Microsoft pada pesan tersebut.

Sebelumnya Microsoft pun pernah mempersulit pengguna Windows 11 yang ingin mengubah browser defaultnya dari Edge ke browser lain. Juga memaksa orang untuk memakai Edge dalam pembaruan Windows.



Simak Video "Internet Explorer Tak Lagi Hadir di Windows 11"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)