Ini Perbedaan Smart TV dan Android TV

ADVERTISEMENT

Ini Perbedaan Smart TV dan Android TV

Muhammad Akbar Syahputra - detikInet
Senin, 29 Nov 2021 21:45 WIB
TV Android
Ini Perbedaan Smart TV dan Android TV (Foto: dok TCL)
Jakarta -

Teknologi TV semakin canggih saja. Selain ada smart TV, ada pula Android TV. Ini dia bedanya.

Dahulu, televisi hanya berupa tabung yang memunculkan gambar. Lalu tabung menghilang dan lahirnya TV layar datar atau flat screen. Kini televisi telah bertransformasi dengan munculnya dua model baru yang dikenal dengan sebutan Smart TV dan juga Android TV.

Dihimpun detikINET, Senin (30/11/2021) berikut penjelasan serta perbedaan dari kedua perangkat tersebut.

Smart TV

Smart TV adalah televisi yang tidak hanya bisa digunakan untuk menonton seperti pada umumnya, tetapi ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dalam hal hiburan dari tontonan. Smart TV juga dikenal sebagai Internet TV, dimana perangkat ini mampu menyediakan program tambahan melalui konektivitas internet.

Perangkat ini juga memiliki beberapa fitur canggih yang membuatnya berbeda dengan TV biasa. Dimana detikers dapat menonton film apapun melalui sebuah situs streaming tertentu. Selain itu, Smart TV juga dapat mengakses video Youtube dengan sangat mudah.

Salah satu keunggulan lain dari Smart TV yaitu dilengkapi oleh koneksi internet dengan Wi-Fi. Keunggulan yang satu ini, dapat memudahkan detikers untuk melakukan browsing di internet dengan sangat mudah asalkan terdapat koneksi.

Android TV

Sedangkan Android TV dapat disebut juga sebagai lanjutan atau penerus dari Smart TV. Perangkat ini juga dilengkapi oleh koneksi internet dan Wi-fi, namun yang membedakan adalah Android TV merupakan TV yang memiliki sistem operasi android yang mirip dengan smartphone yang saat ini kita gunakan. Dengan begitu, perangkat ini juga dibekali dengan sistem operasi serta prosesor yang lebih canggih.

Android TV pertama kali dirilis pada tahun 2014 oleh Google lengkap dengan fitur canggih yang bisa membuat penggunanya semakin termanjakan. Dapat terhubung ke Google Play Store, dan seperti smartphone Android pada umumnya, perangkat ini juga dapat mengunduh dan memperbarui aplikasi saat tersedia di play store.

Salah satu keunggulannya ialah terdapat beberapa Android TV yang menambahkan mikrofon ke remote TV mereka sehingga mereka dapat menggunakan Google Assistant karena semakin banyak orang yang mengajukan pertanyaan secara handsfree.



Simak Video "Samsung Luncurkan Platform Game Cloud untuk TV"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT