Nostalgia Steve Jobs Sombongkan iPhone Generasi Pertama

Nostalgia Steve Jobs Sombongkan iPhone Generasi Pertama

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 29 Nov 2021 16:11 WIB
SAN FRANCISCO, CA - JANUARY 9: Apple CEO Steve Jobs holds up the new iPhone that was introduced at Macworld on January 9, 2007 in San Francisco, California. The new iPhone will combine a mobile phone, a widescreen iPod with touch controls and a internet communications device with the ability to use email, web browsing, maps and searching. The iPhone will start shipping in the US in June 2007.   (Photo by David Paul Morris/Getty Images)
Steve Jobs memperkenalkan generasi pertama iPhone. Foto: Getty Images
Jakarta -

iPhone yang sekarang sudah masuk model iPhone 13, pertama kali diperkenalkan oleh mendiang Steve Jobs pada 9 Januari 2007 di ajang MacWorld di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Banyak yang dikatakannya pada saat rilis perdana itu, tentu saja berisi pujian untuk iPhone yang dikatakannya sangat revolusioner di zamannya.

Dan memang kedatangan iPhone merevolusi industri smartphone dengan layar sentuh intuitif dan ekosistem aplikasi menarik, yang di kemudian hari jadi tren. Nah, berikut beberapa pernyataan menarik yang dilontarkan Jobs di panggung peluncuran iPhone tersebut:

1. Smartphone tentu saja tambah pintar tapi makin sulit digunakan. Mereka sungguh kompleks. Butuh waktu untuk melakukan hal mendasar. Kami tak ingin melakukan hal seperti itu. Yang kami lakukan adalah membuat produk terobosan yang jauh lebih pintar dari perangkat lain yang pernah ada dan super mudah dipakai. Inilah iPhone.

2. Apa yang akan kami lakukan adalah menghilangkan semua tombol dan membuat layar besar. Sebuah layar raksasa.

3. Kita akan menggunakan stylus. Eh tidak, siapa sih yang menginginkan sebuah stylus? Tak seorang pun ingin stylus. Jadi mari jangan gunakan stylus. Kita akan menggunakan perangkat penunjuk terbaik di dunia. Yang kita semua lahir dengannya dalam jumlah sepuluh. Kita akan memakai jari kita.

4. Kita akan menyentuhnya dengan jari kita. Dan kami telah menemukan teknologi baru bernama multi touch yang fenomenal. Cara bekerjanya seperti sihir. Kamu tak butuh stylus. Ini jauh lebih akurat dari layar sentuh apapun yang sudah ada. Ia mengabaikan sentuhan yang tak disengaja, sangat pintar.

5. Kami mendesain sesuatu yang mengagumkan. Jadi begini bentuknya. Ada layar 3,5 inch. Sangat besar. Dan ini adalah layar beresolusi tertinggi yang pernah kami luncurkan. 160 pixel per inch. Dan di depan hanya ada satu tombol di bawah. Kami menyebutnya home button. Membawa kamu ke home dari mana pun kamu berada. Ponsel ini sungguh tipis. Lebih tipis dari smartphone manapun di luar sana, 11,6 milimeter.

6. Ada keyboard kecil ini yang fenomenal. Bisa mencegah error dan mengkoreksi. Mengetik di keyboard ini sangat cepat. Lebih cepat dibandingkan semua keyboard plastik kecil yang ada di semua smartphone itu.

7. Banyak dari ponsel itu, banyak smartphone baterainya cukup lemah. Kami berhasil membuat baterai dengan ketahanan lima jam, itu untuk bicara, video atau browsing. Lima jam baterai dan 16 jam untuk mendengarkan audio. Lebih baik secara dramatis dari smartphone lain.

8. Setelah hari ini, kupikir tidak ada lagi orang yang melihat ponsel dengan cara yang sama lagi.

9. iPhone itu seperti memiliki hidup di saku kamu. Ini adalah perangkat digital yang ultimate.

Itulah momen kenangan 9 ucapan Steve Jobs saat peluncuran iPhone. 14 Tahun kemudian, setiap ucapannya telah berkembang jadi aneka inovasi smartphone.



Simak Video "Wujud Surat Lamaran Kerja Steve Jobs yang Laku Hampir Rp 5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/agt)