iPhone X dengan USB-C Pertama di Dunia Terjual Rp 1,2 Miliar

iPhone X dengan USB-C Pertama di Dunia Terjual Rp 1,2 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 13 Nov 2021 07:45 WIB
FILE PHOTO: An attendee uses a new iPhone X during a presentation for the media in Beijing, China October 31, 2017. REUTERS/Thomas Peter/File Photo
iPhone X dengan USB-C Pertama di Dunia Terjual Rp 1,2 Miliar Foto: Thomas Peter/Reuters
Jakarta -

Belum lama ini sebuah iPhone X yang port charger-nya dimodifikasi menjadi USB-C dilelang lewat eBay. Kini ponsel yang digadang sebagai 'World's First USB-C iPhone' itu sudah terjual dengan harga USD 86.001 atau Rp 1,2 miliar.

iPhone X dengan USB-C itu merupakan ciptaan mahasiswa robotika Ken Pillonel. Berbeda dengan iPhone modifikasi kebanyakan, iPhone X dengan USB-C ini tetap bisa diisi ulang seperti biasa dan terhubung dengan Mac tanpa mengorbankan performa dan bentuk fisiknya.

Dalam video terbarunya yang diunggah di YouTube, Pillonel menunjukkan cara kerjanya mengganti port Lightning di iPhone X dengan USB-C. Ia awalnya merekayasa balik konektor C94 untuk mengeluarkan port Lightning di iPhone.

Setelah itu, Pillonel menciptakan circuit board khsusu untuk dimasukkan ke dalam iPhone. Ia juga harus memodifikasi rangka iPhone X agar konektor port USB-C yang sedikit lebih besar bisa muat.

Setelah berhasil menciptakan iPhone X pertama di dunia dengan USB-C, Pillonel melelang ponsel tersebut di eBay. Ia menetapkan syarat bahwa pemenang lelang tersebut tidak boleh membongkar jeroannya atau menggunakannya sebagai ponsel utama.

Harga awal yang dipasang adalah USD 1.000, tapi tawaran yang Pillonel terima langsung melonjak. Setelah sempat menyentuh angka USD 100.000 (Rp 1,4 miliar), iPhone X langka tersebut akhirnya terjual dengan harga USD 86.001 (Rp 1,2 miliar), seperti dikutip dari Gizmodo, Sabtu (13/11/2021).

iPhone X dengan USB-C terjual Rp 1,2 miliariPhone X dengan USB-C terjual Rp 1,2 miliar Foto: Screenshot/detikINET

Mungkin banyak yang menganggap iPhone X hasil modifikasi Pillonel sebagai proyek iseng. Tapi dari antusiasme para penawar, proyek ini membuktikan bahwa banyak orang ingin memiliki iPhone dengan USB-C.

Apple sendiri bisa dipaksa merilis iPhone dengan USB-C di Eropa berkat aturan baru yang ditetapkan Komisi Eropa. Aturan itu mengharuskan vendor ponsel dan alat elektronik untuk menggunakan USB-C di perangkatnya demi mengurangi sampah elektronik.



Simak Video "Perangkat Elektronik Daya Kabel Wajib Gunakan USB-C"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)