Intel Bakal Susah Kejar Performa Apple Silicon, Kenapa?

Intel Bakal Susah Kejar Performa Apple Silicon, Kenapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 10:30 WIB
Apple M1 Pro dan M1 Max
Foto: Apple
Jakarta -

Niat CEO Intel Pat Gelsinger untuk menarik hati Apple agar kembali memakai chip Intel mungkin akan sulit terwujud.

Sebelumnya, Gelsinger pernah menyatakan kalau mereka akan bisa menarik Apple untuk menggunakan chip Intel, yaitu dengan membuat prosesor yang lebih baik ketimbang Apple Silicon.

"Apple memutuskan kalau mereka bisa membuat chip yang lebih baik dibanding kami. Dan, anda tahu, mereka cukup sukses melakukannya. Jadi yang kami harus lakukan adalah membuat chip yang lebih baik dari buatan mereka. Saya berharap dengan begitu kami bisa mendapatkan kembali bisnis dari mereka, dan juga banyak bisnis lain," pungkasnya.

Namun dari bocoran yang ada, niat Gelsinger itu mungkin akan sulit terwujud. Berdasarkan laporan dari The Information, Apple tengah menyiapkan Apple Silicon generasi ke-3 dengan nama Ibiza, Lobos, dan Palma, yang dari spesifikasinya mungkin akan sulit dikejar oleh Intel.

Tiga chip tersebut kabarnya bakal diproduksi oleh TSMC mulai 2023 mendatang, dan menggunakan pabrikasi 3nm, bukan 5nm seperti chip M1 (dan juga M1 Pro serta M1 Max).

Sementara Intel sejauh ini masih berjuang dalam memproduksi chip dengan pabrikasi 7nm, dan bahkan mereka baru-baru ini mengkonfirmasi penundaan chip Xeon 'Sapphire Rapids' yang menggunakan pabrikasi 10nm.

Tak sekadar punya pabrikasi yang lebih kecil, ketiganya juga dilengkapi prosesor dengan jumlah core hingga 40. Di mana varian tertinggi mungkin akan dipakai di MacBook Pro serta desktop Mac, sementara varian lebih lambat akan dipakai di iPad dan MacBook Air.

Sementara chip keluaran 2022 mendatang disebut bakal tetap memakai proses 5nm yang lebih canggih.

"Dengan jumlah core dan kecepatan yang lebih tinggi, Apple punya kesempatan besar untuk menyalip Intel di ranah PC," tulis Aakash Jani, analis senior di perusahaan riset chip The Linley Group.

Kalau melihat performa chip M1 yang ada saat ini, Intel mungkin bisa saja punya performa prosesor yang lebih tinggi. Namun dari sisi efisiensi daya, bisa dibilang hampir tak mungkin Intel bisa mengejar efisiensi daya dari M1, M1 Pro, dan bahkan M1 Max.

Efisiensi daya ini tak melulu mengenai konsumsi daya listrik yang lebih kecil, karena semakin kecil daya yang dikonsumsi, semakin sedikit juga panas yang dihasilkan. Jadi sistem pendingin yang dibutuhkan terbilang minimal.



Simak Video "MacBook Pro Terbaru Dipersenjatai M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)