Ponsel 5G Mulai Ramai di Pasar Tahun 2024, Harganya?

Ponsel 5G Mulai Ramai di Pasar Tahun 2024, Harganya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 27 Okt 2021 21:13 WIB
Telkomsel menjadi provider yang pertama menghadirkan jaringan 5G di Bumi Cenderawasih. Pengin tahu seperti apa pengalamannya?
Ponsel 5G Mulai Ramai di Pasar Tahun 2024, Harganya? Foto: dok. Telkomsel
Jakarta -

IDC Indonesia memprediksikan peredaran ponsel 5G di Indonesia akan mulai ramai ditemukan pada tahun 2024.

Country Manager IDC Indonesia, Mevira Munindra mengatakan bahwa pada tahun 2021 ini, pengapalan smartphone 5G mencapai 6,2% dari total unit perangkat yang dikirimkan di Indonesia.

"Sementara pada tahun 2022, ponsel 5G diprediksikan mencapai 15,8% dari total pengapalan smartphone di Indonesia," kata Mevira dalam diskusi online Seluler, Rabu (27/10/2021).

Peredaran HP jenis 5G ini sangat bergantung pada pembangunan infrastruktur jaringan seluler generasi kelima di tanah air. Saat ini, jaringan 5G masih di bilang baru tahap awal.

Sekedar informasi, Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G pada Mei lalu. Setelah itu, disusul oleh Indosat Ooredoo dan XL Axiata.

Hanya saja, ketersediaan sinyal 5G tersebut masih terbatas dan pengembangannya dilakukan bertahap. Mayoritas 5G tersedia di kota-kota besar, di mana masyarakatnya sudah memiliki ponsel 5G.

Dengan kata lain, untuk sejajar dengan peredaran dengan ponsel 4G masih butuh waktu, terutama pada ekosistem 5G itu sendiri, baik itu dari pemerintah, operator seluler, dan lainnya.

IDC Indonesia memprediksikan penggelaran 5G akan lebih masif pada tahun 2024. Seiring dengan hal tersebut, pengiriman ponsel 5G oleh vendor akan semakin gencar dilakukan ke pasar Indonesia.

"Eksistensinya tentu meningkat pengguna 5G ke depan ada harapan penurunan harga. Apa yang kita lihat di pasar kita tentu harga handset dengan spesifikasi tinggi, namun cost-nya bagi konsumen harga cukup," kata Mevira.

Di kesempatan yang sama, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo A Meidianto mengungkapkan hal senada.

"Untuk meningkatkan jumlahnya, tergantung stakeholders, bagaimana pemerintah memperkuat peraturannya dengan cepat dan operator mengakselerasikan jaringan 5G hingga merata. Jika semua sudah berjalan smooth, mau tidak mau permintaan smartphone 5G akan cenderung tinggi," jelasnya.

Oppo merupakan vendor yang cukup agresif menghadirkan ponsel 5G di Indonesia, mulai dari Find X2, Find X2 Pro, Reno5 5G, A74 5G, Reno6 5G, Reno6 Pro 5G, dan Find X3 Pro. Adapun harga ponsel 5G Oppo mulai sekitar Rp 3 jutaan.



Simak Video "Jaringan 5G di Denpasar Capai 613 Mbps"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)