Pesaing Android dari Huawei Dipakai 150 Juta Perangkat

Pesaing Android dari Huawei Dipakai 150 Juta Perangkat

Josina - detikInet
Selasa, 26 Okt 2021 11:15 WIB
HANOVER, GERMANY - JUNE 12: The Huawei logo is displayed at the 2018 CeBIT technology trade fair on June 12, 2018 in Hanover, Germany. The 2018 CeBIT is running from June 11-15. (Photo by Alexander Koerner/Getty Images)
Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta -

Huawei mengumumkan bahwa sistem operasi yang dikembangkan Huawei yakni HarmonyOS telah digunakan lebih dari 150 juta perangkat.

HarmonyOS diluncurkan pertama kali pada tahun 2019, setelah perangkat Huawei diblokir oleh perusahaan AS sehingga tidak bisa lagi menggunakan sistem operasi Android. Meski demikian sistem operasinya ini pun berjalan lancar tanpa adanya masalah besar.

"Selama tiga tahun terakhir jutaan pengembang sistem dan mitra ekologi telah bekerja sama dengan kami, mengendarai angin dan ombak," kata CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu di akun Weibonya sebagaimana dikutip detikINET dari Global Times.

"Sekarang kami tidak hanya mengumpulkan 150 juta perangkat yang menggunakan OS, tetapi juga membangun ekosistem Harmony yang dinamis dan berkembang pesat. HarmonyOS, kami berhasil!" sambungnya.

Yu menjelaskan sejauh ini perangkat yang diperbarui ke sistem operasi HarmonyOS mencakup smartphone, smartwatch, dan tablet yang telah melampaui 150 juta perangkat.

HarmonyOS pun tumbuh paling cepat, ia juga mengatakan bahwa jumlah ini bisa melampuai 200 juta pada akhir tahun ini dan 400 juta untuk akhir tahun 2022

Raksasa telekomunikasi China tersebut saat ini sedang mengadakan acara tahunan terbesarnya, Huawei Developer Conference (HDC) di kota Dongguan, Provinsi Guangdong, China Selatan.

Selama acara tersebut, Huawei mengundang developer, industri kelas berat, dan mitra untuk mencoba dengan berbagi teknologi terbaru yang telah dikembangkan Huawei selama setahun terakhir.

Investasi dalam sistem HarmonyOS dan HMS kini telah melampaui 50 miliar yuan. Selama acara HDC Huawei mengindikasikan akan meningkatkan investasi perangkat lunak di tahun-tahun berikutnya.



Simak Video "Selamat Tinggal Android! Huawei Kini Punya HarmonyOS"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)