Deretan Gadget Baru Minggu Ini, Google Pixel 6 dan MacBook Pro Berponi

Roundup

Deretan Gadget Baru Minggu Ini, Google Pixel 6 dan MacBook Pro Berponi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 24 Okt 2021 11:47 WIB
MacBook Pro
Deretan Gadget Baru Minggu Ini, Google Pixel 6 dan MacBook Pro Berponi Foto: Apple
Jakarta -

Pekan ini tidak banyak gadget baru yang diluncurkan di Indonesia. Tapi, ada dua raksasa teknologi yang memamerkan perangkat terbarunya yaitu Apple dan Google.

Apple mengenalkan MacBook Pro terbaru dan AirPods 3 di event Unleashed yang digelar pada Senin, 18 Oktober 2021. Sehari setelahnya, Google ikut mengadakan event untuk memamerkan Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

MacBook Pro

MacBook Pro terbaru hadir dengan spesifikasi yang jauh lebih gahar ketimbang pendahulunya. Laptop premium ini juga hadir dengan notch ala iPhone 13, dan fitur Touch Bar yang ada di atas keyboard dihilangkan.

MacBook Pro hadir dalam dua ukuran layar yaitu 14 inch dan 16 inch. Keduanya ditenagai dua chip baru yaitu M1 Pro dan M1 Pro Max yang performanya diklaim 70% lebih cepat ketimbang chip M1. Jika M1 Pro memiliki GPU 16 core, M1 Max punya GPU 32 core. Khusus perangkat M1 Max mendukung RAM hingga 64GB.

MacBook Pro 14 inch memiliki layar dengan resolusi 3.024 x 1.964 pixel, sementara model 16 inch memiliki resolusi 3.456 x 2.234 pixel. Layar ini mengusung teknologi mini LED, refresh rate 120Hz, dan kecerahan hingga 1.600 nits.

Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1.Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1. Foto: Apple

Apple berusaha menghadirkan layar dengan bezel super tipis di MacBook Pro. Karena itu, MacBook Pro hadir dengan notch di bagian atas layar untuk menempatkan webcam.

Ukuran notch ini sama seperti bilah menu. Notch ini mengakomodasi kamera yang terdiri dari empat elemen lensa dan mendukung resolusi 1080p.

Kendati MacBook Pro ini super gahar, bobotnya tergolong ringan. Untuk MacBook Pro 14 inch beratnya 1,6 kg. Sementara versi 16 inch paling berat 2,2 kg.

Apple sudah membuka pre-order kedua laptop barunya. MacBook Pro 14-inch dijual mulai dari USD 1.999 atau Rp 28 juta. Sedangkan MacBook 16-inch mulai USD 2.499 atau Rp 35 juta. Versi M1 Max tersedia sebagai upgrade, pengguna bisa menambahkan tambahan USD 200 untuk GPU 24-core dan USD400 untuk versi 36-core.

AirPods 3

Apple turut mengenalkan AirPods 3 bersama MacBook Pro di event Unleashed. TWS ini hadir dengan desain baru dan mendukung fitur seperti Spatial Audio.

Desain AirPods 3 terlihat mirip seperti AirPods Pro, hanya minus eartips. Tangkainya yang menggantung kini dibuat lebih pendek, dan di sana tersemant force sensor untuk mengontrol earbuds ini.

Apple turut memasang driver distorsi rendah baru dan Adaptive EQ yang secara otomatis mengatur dan mengoptimalkan output audio. AirPods 3 dan case-nya juga mengantongi sertifikasi IPX4 sehingga bisa tahan air dan keringat.

AirPods 3AirPods 3 Foto: Apple

AirPods 3 juga memiliki fitur AAC-ELD, codec ucapan superior yang menawarkan kualitas suara full HD, memberikan komunikasi yang jelas dan alami untuk panggilan FaceTime.

Apple mengklaim baterai AirPods 3 akan tahan hingga 6 jam, dan case-nya bisa mengisi daya tambahan hingga 30 jam. AirPods 3 akan mulai dijual di beberapa negara mulai pekan depan dengan harga USD 179 atau kisaran Rp 2,5 juta.

Halaman berikutnya Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, serta Huawei Nova 9