Aplikasi Android Sudah Bisa Dipakai di Windows 11

Aplikasi Android Sudah Bisa Dipakai di Windows 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 21 Okt 2021 22:09 WIB
Windows 11
Foto: Microsoft
Jakarta -

Microsoft akhirnya membuka akses untuk bisa menjalankan aplikasi Android di Windows 11, yang sudah bisa dijajal oleh beta tester yang tergabung ke Windows Insider Program.

Nama resmi fiturnya adalah Windows Subsystem for Android, di mana para beta tester yang memakai perangkat dengan prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm sudah bisa menjalankan aplikasi Android di Windows 11.

Akses ke aplikasi Androidnya sebenarnya bisa diakses di Microsoft Store, namun saat akan diinstal pengguna akan diarahkan ke Amazon App Store. Meski berjalan lewat virtualisasi, aplikasi Android ini bisa dijalankan berbarengan dengan aplikasi Windows lain, pun pengguna bisa memakai Alt+Tab untuk berpindah antar aplikasi.

"Notifikasi dari aplikasi Android ini bisa dilihat di Action Center dan juga bisa berbagi clipboard antara aplikasi Windows dan Android. Kami membangun pengalaman pengguna dengan mendahulukan aksesibilitas, banyak pengaturan aksesibilitas Windows bisa dipakai di aplikasi Android dan kami bekerja bersama Amazon untuk terus melakukan peningkatan," tulis tim Android on Windows 11 dalam keterangannya.

Sejauh ini baru ada 50 aplikasi yang tersedia dari kerja sama Microsoft dan Amazon ini. Jumlah yang sangat kecil memang, mengingat Amazon Appstore saat ini punya 600 ribu aplikasi, dan Google Play Store punya 3 juta aplikasi.

Aplikasi yang sejauh ini sudah tersedia itu antara lain adalah Lords Mobile, June's Journey, dan Coin Master. Lalu ada juga aplikasi seperti Kindle, dan aplikasi anak seperti Lego Duplo World dan Khan Academy Kids.

Saat ini baru Windows 11 dengan region AS yang bisa memakai fitur ini. Pengguna juga harus mempunyai akun Amazon berbasis AS untuk mengakses Amazon App Store.

Belum diketahui berapa banyak aplikasi Android yang nanti akan tersedia saat fiturnya dibuka luas oleh Microsoft, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (21/10/2021).

Cara kerja fitur ini adalah dengan menggunakan subsistem yang dibuat Microsoft di Windows 11, yang mendukung aplikasi Android. Subsistem ini termasuk kernel linux dan Android OS berbasis Android Open Source Project (AOSP) versi 11.

"Subsistemnya berjalan di Hyper-V Virtual Machine, seperti Windows Subsystem untuk LInux. Sistem ini mengerti cara memetakan runtime dan API dari aplikasi dalam lingkungan AOSP ke lapisan grafis Windows, memori buffer, mode input, perangkat fisik dan virtual, serta sensor," tambah tim tersebut dalam keterangannya.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)