Ubuntu 21.10 Resmi Dirilis, Apa yang Baru?

Ubuntu 21.10 Resmi Dirilis, Apa yang Baru?

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 19 Okt 2021 13:35 WIB
Ubuntu
Ubuntu 21.10. Foto: Canonical
Jakarta -

Canonical telah merilis pembaruan resmi Ubuntu 21.10 yang diberi nama Impish Indri. Apa saja yang ditawarkan pada update kali ini?

Ubuntu menjadi salah satu varian Linux yang sangat populer di dunia. Setiap enam bulan sekali sang pengembang kerap merilis update yang menyertakan perbaikan dan pembaruan.

"Karena open source menjadi tujuan baru, kami berharap dapat membawa Ubuntu ke perusahaan dan semua tempat di mana pengembang ingin berinovasi. Dari sistem cloud terbesar hingga perangkat terkecil, dari server DGX hingga workstation Windows WSL, open source adalah batu loncatan untuk ide-ide inovatif dan Ubuntu akan aman dan terjamin. dan lebih konsisten," ujar Mark Shuttleworth, CEO Canonical.

Perubahan di Ubuntu 21.10

1. GNOME 40

Dengan lingkungan GNOME 40, ruang kerja dan gerakan touchpad lebih dinamis, dukungan grafis yang lebih baik, terutama aplikasi di bawah Subsistem Windows untuk Linux. Ada juga Firefox sebagai aplikasi Snap, dan Canonical mengatakan jumlah snap yang diterbitkan di toko telah meningkat sebesar 25%, melayani lebih dari 10 juta sistem per hari.

undefined

2. PHP 8, GCC 11 dan fitur yang berfokus pada pengembang

PHP8 dan GCC 11 mulai berlaku dalam rilis ini. PHP 8 dirilis pada bulan Juni lalu dan menjadi fitur yang paling menarik adalah compiler just-in-time (JIT). Secara teori, penambahan JIT harus membuat perbaikan yang cukup besar untuk kinerja dalam situasi tertentu.

Sebelumnya, PHP menggunakan Opcache, dan kamu dapat melihat lebih banyak tentang apa artinya menyertakan kompiler JIT untuk PHP di sini.

Selain itu, Ubuntu versi 21.10 menyediakan Apache Cassandra sebagai paket snap dan MicroK8s, yang dapat digunakan untuk menginstal Kubernetes jauh lebih cepat dan mudah dari sebelumnya.

3. Kernel Linux 5.13

Ubuntu 21.10 menghadirkan Kernel Linux versi 5.13, menambahkan dukungan untuk Kernel Electric Fence (KFENCE). KFENCE adalah detektor kesalahan memori run-time baru yang dirancang untuk lingkungan produksi, menjaga overhead tetap rendah sambil tetap mendeteksi kesalahan memori yang paling umum. Ini diaktifkan secara default, dan Ubuntu 21.10 akan mengacak lokasi memori tumpukan kernel pada setiap entri panggilan sistem pada arsitektur AMD64 dan arm64.



Simak Video "Kevin/Marcus Kalah, Netizen: Comeback Stronger"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)