MacBook Pro Bawa Spesifikasi Super Gahar, Tapi Punya Notch Mirip iPhone 13

MacBook Pro Bawa Spesifikasi Super Gahar, Tapi Punya Notch Mirip iPhone 13

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 19 Okt 2021 01:58 WIB
Jakarta -

Perhelatan Apple Event memperkenalkan MacBook Pro baru. Laptop ini membawa spesifikasi super gahar, tapi Apple menghiasi layarnya dengan notch, mengingatkan kita pada iPhone 13.

MacBook Pro hadir dalam ukuran 14 inch dan 16 inch. Keduanya ditenagai oleh dua chip baru, yakni M1 Pro dan M1 Max.

MacBook ProMacBook Pro Foto: Apple

Chipset tersebut mengusung CPU 10 core yang diklaim punya performa 70 persen lebih kencang dari Apple M1. Bila M1 Pro memiliki GPU 16 core, M1 Max punya GPU 32 core. Khusus perangkat M1 Max mendukung RAM hingga 64 GB.

Apple turut memperbarui tampilan MacBook Pro. Tak ada lagi touch bar di bagian atas keyboard. Di bagian dalam terdapat kipas bawaan untuk aplikasi berkinerja tinggi, meskipun perusahaan mengatakan itu jarang menyala.

MacBook Pro kini punya tiga port USB-C / Thunderbolt, kabar baiknya lagi kini tersedia port HDMI dan slot SD Card. Paling mengejutkan dihadirkan kembali port MagSafe yang sudah diperbarui.

MacBook ProMacBook Pro Foto: Apple

Beralih ke layar, Apple berusaha menghadirkan bezel super tipis pada MacBook Pro. Ini yang kemudian membuat perusahaan yang dikomandoi Tim Cook memunculkan notch untuk menempatkan kamera.

Notchnya seukuran dengan bilah menu. Ini menyesuaikan dengan kamera yang terdiri dari empat elemen lensa dan mendukung resolusi 1080p

Model 14 inci memiliki layar dengan resolusi 3.024 x 1.964 pixel, sedangkan model 16 inci memiliki resolusi 3.456 x 2.234 pixel. Apple memberikan dukungan ProMotion yang menghadirkan refresh rate 120Hz, serta kecerahan hingga 1.600 nits.

MacBook ProMacBook Pro Foto: Apple

Keduanya mengusung teknologi mini LED, mirip dengan yang ada di iPad Pro 12,9 inch terbaru. Karena itu Apple berani mengklaim perangkat barunya adalah notebook dengan layar terbaik saat ini.

Untuk memanjakan telinga pengguna, Apple memasang sistem enam speaker, dengan tweeter hampir dua kali lebih besar dari sebelumnya.

Daya tahan baterai turut menjadi keunggulan kedua laptop. Apple mengatakan bahwa model 14 inch akan berjalan selama 17 jam saat memutar video, sedangkan 16 inci akan berjalan selama 21 jam. Dan mereka memiliki pengisian daya yang cepat, sehingga pengguna dapat mengisi ulang 50 persen masa pakai baterai Anda dalam waktu sekitar 30 menit.

MacBook ProMacBook Pro Foto: Apple

Kendati MacBook Pro ini super gahar, bobotnya tergolong ringan. Untuk MacBook Pro 14 inch beratnya 1,6 kg. Sementara versi 16 inch paling berat 2,2 kg.

Apple sudah membuka pre-order kedua laptop barunya. MacBook Pro 14-inch dijual mulai dari USD 1.999 atau Rp 28 juta. Sedangkan MacBook 16-inch mulai USD 2.499 atau Rp 35 juta. Versi M1 Max tersedia sebagai upgrade, pengguna bisa menambahkan tambahan USD 200 untuk GPU 24-core dan USD400 untuk versi 36-core.

(afr/afr)