Apple dan Xiaomi Belum Bisa Geser Samsung Sebagai Raja HP Q3 2021

Apple dan Xiaomi Belum Bisa Geser Samsung Sebagai Raja HP Q3 2021

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 18 Okt 2021 07:15 WIB
Smartphone
Samsung masih jadi raja hp global Q3 2021. Foto: Designed by katemangostar via Freepik
Jakarta -

Perusahaan riset Canalys masih menempatkan Samsung sebagai raja handphone dunia sepanjang kuartal ketiga (Q3) 2021. Kendati begitu pasar HP global mengalami penurunan imbas kelangkaan chipset dan komponen.

Samsung berada di posisi pertama dalam pengiriman ponsel ke seluruh dunia sepanjang Juli hingga September. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini mampu menguasai 23% pangsa pasar HP global.

Bila membandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, Samsung tidak mengalami penurunan maupun peningkatan. Kondisi ini berbeda dengan Apple yang berada di posisi kedua.

Perusahaan yang dikomandoi Tim Cook menguasai 15% pasar sepanjang Q3 2021. Kehadiran iPhone 13 kemungkinan menyebabkan pangsa pasar Apple meningkat dari 12% di Q3 2020.

Senasib dengan Samsung, Xiaomi yang berada di posisi ketiga mengalami pertumbuhan 0% pada Q3 2021 dibandingkan dengan Q3 2020. Market share Xiaomi sebesar 14%.

Vivo dan Oppo berada di posisi keempat serta kelima. Keduanya punya pangsa pasar 9% dengan tingkat pertumbuhan tahunan 1%. Berikut tabel lengkapnya:

Pasar HP global di Q3 2021. Foto: Canalys.

Soal pengiriman HP di Q3 2021, Canalys mencatat selama periode Juli-September terjadi penurunan sebesar 6% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu. Kelangkaan komponen di tengah kekurangan chipset global yang saat ini masih terus berlangsung menjadi penyebab utama.

Menurut beberapa perkiraan dibutuhkan setidaknya satu tahun lagi sebelum pasokan dan permintaan seimbang.

Pun begitu Canalys optimis Q4 2021 pasar HP global akan tumbuh lebih baik. Sebab ada tiga momen penting yang menjadi pendorongnya, yakni Single's Day di China, Black Friday di pasar AS dan Eropa dan liburan akhir tahun. Semua itu akan membuka kesempatan bagi perusahaan HP untuk meningkatkan kinerja penjualan yang lebih kuat tahun ini.



Simak Video "Terekam CCTV! Aksi Pesepeda Curi HP di Dashboard Motor"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)