Google Siapkan Update Android 12.1 Khusus untuk Ponsel Layar Lipat

Google Siapkan Update Android 12.1 Khusus untuk Ponsel Layar Lipat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 29 Sep 2021 15:10 WIB
Android 12
Google Siapkan Update Android 12.1 Khusus untuk Ponsel Layar Lipat Foto: XDA Dev
Jakarta -

Android 12 belum diluncurkan secara publik tapi bocoran tentang update Android selanjutnya sudah bermunculan. Kabarnya Google sedang menyiapkan update minor bernama Android 12.1 yang akan membawa peningkatan khusus untuk ponsel layar lipat atau foldable.

Bocoran Android 12.1 ini datang dari XDA Developers yang mengaku mendapatkan build sistem operasi ini dari seorang sumber. Setelah sempat hands-on menjajal Android 12.1, XDA Developers membagikan beberapa screenshot tampilan sistem operasi anyar ini.

Dari screenshot yang diunggah XDA Developers bisa dilihat bagaimana Android 12.1 memanfaatkan layar foldable yang horizontal dan lebih besar. Misalnya panel Quick Settings dan notifikasi bisa ditampilkan secara berdampingan di layar.

Android 12.1Android 12.1 Foto: XDA Developers

Selain itu lockscreen juga dibagi dua untuk menampilkan jam di satu sisi dan notifikasi di sisi lainnya. Pengguna juga bisa menempatkan keyboard untuk memasukkan PIN atau password di sisi kiri atau kanan layar agar bisa diakses dengan satu tangan secara lebih mudah.

Android 12.1Android 12.1 Foto: XDA Developers

Android 12.1 juga dirancang untuk memudahkan membuka aplikasi secara split-screen. Di menu recent apps akan ada jalan pintas baru yang bisa dipilih untuk membuka aplikasi dalam mode split-screen.

Di bagian bawah layar juga terdapat taskbar baru yang bisa digunakan untuk membuka aplikasi dalam mode split-screen hanya dengan drag-and-drop. Nantinya pengguna juga bisa drag notifikasi untuk membuka aplikasinya dalam mode split-screen.

Android 12.1Android 12.1 Foto: XDA Developers

Terakhir, aplikasi Settings juga akan mendapatkan antarmuka baru yang menampilkan menu utama di sisi kiri layar, sementara submenu-nya ditampilkan di sisi kanan layar, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (29/9/2021).

Android 12.1 juga membawa update lainnya untuk ponsel non-foldable, seperti memudahkan vendor lain selain Google untuk mencocokkan tema ponsel dengan lockscreen Android 12, dan opsi untuk mengatur berapa kali tombol power harus ditekan untuk memanggil Google Assistant.

Google sendiri belum memberikan pengumuman resmi terkait Android 12.1, jadi bisa saja fitur-fitur ini akan diubah sebelum diluncurkan secara resmi. Tapi mengingat rumor yang menyebutkan Google sedang menyiapkan ponsel layar lipatnya sendiri, kemungkinan fitur-fitur Android 12.1 akan dirilis dalam waktu dekat.



Simak Video "Fitur-fitur Terbaru di Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)