Chip Mobil Tesla Bakal Digarap Samsung?

Chip Mobil Tesla Bakal Digarap Samsung?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 24 Sep 2021 12:30 WIB
Pabrik Samsung di Vietnam
Chip Mobil Tesla Bakal Digarap Samsung?(Foto: Reuters)
Jakarta -

Samsung Electronics disebut tengah bernegosiasi dengan Tesla untuk memproduksi 'otak' mobil otonom Tesla, yang akan berbasis proses 7nm milik Samsung.

Sejak awal 2021 lalu Tesla dan Samsung sebenarnya sudah beberapa kali mendiskusikan desain chip tersebut. Bahkan mereka sudah bertukar prototipe chip yang akan dipakai untuk otak mobil otonom berbasis Hardware 4.

Namun baik Tesla belum mengomentari rumor ini, sementara Samsung menolak untuk berkomentar, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (24/9/2021).

Jika Samsung berhasil memenangkan hati Tesla, mereka diperkirakan akan memproduksi chip tersebut menggunakan proses pabrikasi 7nm miliknya. Saat ini Samsung pun sudah memproduksi chip untuk komputer Hardware 3 milik Tesla.

Sebelumnya Bos Tesla Elon Musk di acara AI Day menyatakan kalau Tesla akan memperkenalkan perangkat keras baru untuk sistem komputer mobil otonom di mobil elektrik Cybertruck, dalam waktu setahun ke depan.

Samsung, di bisnis semikonduktor, saat ini punya market share 17,3%, masih jauh tertinggal dari TSMC yang market sharenya mencapai 52,9%.

Saat ini, kelangkaan chip yang terjadi sejak pandemi Corona masih terjadi, bahkan semakin parah dampaknya. Kerugian di berbagai sektor akibat kelangkaan ini diperkirakan mencapai USD 11 miliar.

Bahkan, kelangkaan chip ini sudah semakin parah dibandingkan Juli lalu, di mana waktu tunggu untuk pemesanan chip adalah enam hari lebih singkat dibanding saat ini.

Saat ini jika ada perusahaan yang memesan chip, waktu tunggu sampai dengan mereka menerima pesanannya itu sudah mencapai 21 minggu. Menurut Susquehanna Financial Group, waktu tunggu ini adalah yang terlama sejak mereka mulai meriset bisnis chip pada 2017 lalu.



Simak Video "Samsung: Kontribusi Ponsel 5G di Indonesia Sudah Capai 16%"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)