Ini yang Menjadi Daya Tarik Utama iPhone 13

Ini yang Menjadi Daya Tarik Utama iPhone 13

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 16 Sep 2021 11:15 WIB
iPhone 13
Baterai Lebih Besar Jadi Daya Tarik Utama iPhone 13 Foto: Apple
Jakarta -

iPhone 13 diluncurkan tanpa membawa upgrade yang signifikan ketimbang pendahulunya. Tapi ada satu fitur yang diharapkan bisa menarik perhatian konsumen yaitu baterai yang lebih tahan lama.

Jika dibandingkan dengan iPhone 12, iPhone 13 memang tidak memiliki perubahan yang drastis. Keempat model iPhone 13 terlihat memiliki desain dan ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, tapi Apple mencoba memberikan peningkatan di fitur internalnya.

Dalam peluncuran iPhone 13, Apple pun menekankan performa baterainya yang diklaim lebih tahan lama. Ini merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna iPhone.

Berdasarkan survei yang dilaukan SurveyMonkey pada tahun 2019, 76% pemilik iPhone mengatakan baterai yang lebih tahan lama menjadi fitur yang mereka inginkan saat upgrade ke iPhone baru.

Kuartet iPhone 13 diklaim memiliki baterai yang bisa tahan setidaknya 90 menit lebih lama ketimbang pendahulunya. iPhone 13 Pro Max yang merupakan varian termahal dan terbesar diklaim memiliki baterai yang bisa tahan 150 menit lebih lama.

Menurut situs resmi Apple, iPhone 12 bisa dipakai menonton video hingga 17 jam. Sedangkan iPhone 13 diklaim bisa menonton video hingga 19 jam, meningkat 12% dari generasi sebelumnya, seperti dikutip dari CNBC, Kamis (16/9/2021).

Dalam presentasinya, Apple mengatakan peningkatan daya tahan baterai di iPhone 13 bisa dicapai berkat desain ulang bagian internal yang memungkinkan mereka menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar. Selain itu mereka juga merancang chipset A15 Bionic agar penggunaan dayanya lebih efisien.

Fitur lainnya yang paling dinanti pemilik iPhone adalah memori internal yang lebih besar. Apple pun meningkatkan kapasitas memori internal iPhone 13 menjadi 128GB, dan menawarkan opsi 1TB untuk iPhone 13 Pro tanpa menaikkan harganya.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi alasan Apple menonjolkan upgrade fitur kecil seperti ini. Salah satunya untuk menjaga momentum penjualan iPhone yang sangat tinggi dalam beberapa kuartal terakhir.

Pada kuartal yang berakhir di Juni 2021, penjualan iPhone mencapai USD 40 miliar, atau naik 49% dari periode yang sama di tahun 2020. Kenaikan ini dipicu oleh 'supercycle' yang biasanya terjadi saat Apple mengenalkan iPhone dengan desain dan fitur yang inovatif.

Supercycle ini didorong oleh iPhone 12 yang mengenalkan desain baru dan dukungan 5G. Karena tidak membawa perubahan besar seperti iPhone 12, analis dan investor pun sudah mulai bertanya-tanya apakah penjualan iPhone 13 akan bisa menyamai pendahulunya.



Simak Video "Paling Ditunggu, Inilah Hands On iPhone 13 Pro Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)