Hati-hati! Getaran Motor Bisa Bikin Kamera iPhone Rusak

Hati-hati! Getaran Motor Bisa Bikin Kamera iPhone Rusak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 13 Sep 2021 15:23 WIB
iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
Hati-hati! Getaran Motor Bisa Bikin Kamera iPhone Rusak (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Jika kalian sering mengendarai motor sambil menaruh iPhone di dudukan yang dipasang di setang motor, sebaiknya pikir dua kali. Apple baru saja memperingatkan pengguna bahwa getaran motor yang terlalu kencang bisa membuat kamera iPhone rusak.

Dalam dokumen Support terbarunya, Apple mengatakan pemilik iPhone harus berhati-hati karena kamera di ponselnya bisa rusak jika terpapar getaran dengan amplitudo tinggi, seperti getaran yang dikeluarkan oleh mesin motor berkekuatan tinggi.

Apple menjelaskan bahwa kamera iPhone yang dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS) atau closed-loop autofocus (AF) rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh getaran karena adanya gyroscope dan/atau sensor magnet yang membantu mengurangi getaran atau pergerakan saat mengambil foto atau video.

"Sistem OIS dan closed-loop AF di iPhone dirancang untuk durabilitas," tulis Apple dalam dokumen Support-nya, seperti dikutip dari MacRumors, Senin (13/9/2021).

"Namun, seperti banyak produk elektronik yang memiliki sistem seperti OIS, paparan langsung dalam jangka panjang terhadap getaran beramplitudo tinggi dalam frekuensi tertentu bisa menurunkan performa sistem ini dan berujung pada menurunnya kualitas foto dan video. Disarankan untuk menghindari iPhone dari getaran beramplitudo tinggi dalam waktu panjang," sambungnya.

OIS sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan tajam meski dijepret dalam kondisi bergerak. Sedangkan closed-loop AF digunakan untuk membantu kamera tetap fokus.

Semua iPhone dari seri iPhone 7 ke atas sudah memiliki dua fitur ini. OIS diperkenalkan di iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus dan iPhone 7, sementara closed-loop AF diperkenalkan di iPhone XR, XS dan XS Max.

Karena risiko tersebut, Apple menyarankan pengguna untuk tidak menempatkan iPhone secara langsung di sasis atau setang motor karena getarannya disalurkan lewat dua bagian ini.

Pengguna tetap bisa menaruh iPhone mereka di dudukan di kendaraan bermesin lebih kecil seperti motor bebek atau skuter listrik, asalkan menggunakan dudukan yang bisa meredam getaran untuk meminimalisir risiko kerusakan.

Sebelumnya, Apple pernah memperingatkan pengguna bahwa sistem OIS dan closed-loop AF di kamera iPhone bisa terpengaruh gangguan magnetik dari beberapa aksesoris iPhone. Isu tersebut bisa diatasi dengan melepas aksesoris dari iPhone, tapi kalau kerusakan disebabkan getaran sifatnya lebih permanen.



Simak Video "Bocoran iPhone SE 3, Lini Produk Anyar Termurahnya Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)