Makin Agresif, Google Siapkan Chip Sendiri untuk Chromebooks

Makin Agresif, Google Siapkan Chip Sendiri untuk Chromebooks

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 10:45 WIB
Logo Chromebook
Google Siapkan Chip Buatan Sendiri untuk Chromebook Foto: PCWorld
Jakarta -

Google dikabarkan akan merilis CPU buatannya sendiri untuk digunakan di laptop Chromebook dan tablet. Menurut laporan dari Nikkei Asia, chip custom ini diprediksi akan diumumkan tahun 2023.

Google sendiri sebelumnya telah mengembangkan chip buatan sendiri bernama Tensor untuk ponsel Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Saat ini kedua ponsel tersebut belum resmi dirilis tapi Google sudah memberikan sneak peek tentang chip Tensor.

Laporan dari Nikkei ini sejalan dengan rumor yang beredar sejak tahun 2020 yang mengatakan bahwa Google akan membuat chip sendiri untuk Chromebook setelah memulai debutnya di ponsel Pixel.

Laporan tersebut memberikan beberapa informasi tambahan tentang CPU Chromebook buatan Google. Sama seperti Tensor dan deretan chip mobile lainnya, chip untuk Chromebook ini akan dirancang berdasarkan desain ARM, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (2/9/2021).

Chip berbasis ARM memang semakin banyak digunakan di Chromebook, termasuk chip buatan Qualcomm dan MediaTek. Google juga merancang chip ini agar bisa digunakan untuk form factor laptop dan tablet.

Tapi laporan ini tidak menyebutkan perangkat apa yang akan pertama kali menggunakan chip buatan Google. Raksasa mesin pencari ini terakhir kali meluncurkan laptop Pixelbook Go pada tahun 2019, dan tablet Pixel Slate yang sudah berusia hampir tiga tahun.

Rupanya target Google untuk mengembangkan chip Chromebook sendiri terinspirasi oleh langkah Apple yang sukses membuat chip custom untuk iPhone, iPad dan Mac. Seperti diketahui, Apple mulai menjual Mac dan iPad Pro yang menggunakan chip M1 buatannya sendiri.

Dengan chip buatannya sendiri, Google akan mengurangi ketergantungannya dengan perusahaan lain dan bisa menghadirkan fitur yang sesuai dengan kebutuhannya. Saat ini laptop Chromebook buatan Google mengandalkan CPU dari Intel dan AMD, termasuk Pixelbook Go yang menggunakan chip Intel generasi ke-8.



Simak Video "Refleksi Google di Ulang Tahun ke-23"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)